7 tips menolong orang

7 tips menolong orang



Sebagai mahluk sosial kita tentu setiap hari tidak lepas dari kata tolong menolong. bisa kita jadi orang yang berkewajiban menolong atau malah kita yang menjadi orang yang butuh pertolongan. menjadi orang yang dimintai pertolongan kadang kala serba tidak enak jika pertolongan yang dibutuhkan diluar batas kemampuan.

Misalkan pertolongan itu bertentangan dengan idialisme kita, berkaitan dengan prinsip hidup. Dilihat dari sisi kemanusiaan kita ingin menolong tapi disisi lain kita tidak mampu. hal yang sering terjadi ditempat bekerja, karena saya perawat saya kasih contoh yang sering saya temui. Misalkan saja ada yang ingin berobat datangnya terakhir tapi karena dia teman kita atau tetangga kita maka dia minta tolong untuk didahulukan. Atau ada yang mau pinjam uang tapi sudah berulangkali di kasih pinjam tapi tidak dikembalikan.

Contoh yang pertama kalau mau menolong untuk mendahulukan no antriannya pasti kita akan di complain pasien lain. Menurut saya bila kita menolong itu sama artinya dzolim kepada pasien lainnya. ada pengecualian bila pasien dalam situasi yang gawat dan meminta izin pengertian pasien yang lain untuk memberi izin karena kondisi pasien tersebut membutuhkan pertolongan yang cepat.

Contoh yang ke dua, biasanya kita akan menolak untuk meminjamkan uang kembali jika sudah berulangkali meminjamkan dan tidak kembali. Jika demikian maka pilihlah kata kata yang sebijak mungkin agar yang minta pertolongan biasa mengerti penolakan kita. karena kadang model orang seperti ini sangat lihai mengambil hati. 

untuk itu saya ingin berbagi 7 tips menolong orang agar kita tidak menolong tapi dalam hati kita tidak ikhlas. Atau menjadi ganjalan tersendiri bagi kita yang menolong. Mari kita simak 7 tips yang semoga bermanfaat bagi kita.

1.Ikhlas
kalau kita berniat menolong orang lain maka yang utama adalah ikhlas. karena jika tidak ada keikhlasan hati maka pertolongan yang kita lakukan tidak akan membekas dihati, tidak menjadi amal kebaikan bagi kita. padahal setiap amal kebaikan adalah aset tabungan akherat bagi kita. 

2. Beri Pertolongan sesuai kemmapuan
jika kita mampu untuk menolong maka tolonglah, namun jika tidak maka katakan tidak karena jika kita memaksakan diri yang ada malah menjadi beban bagi kita. misalkan saja ada yang minta tolong dipinjamkan uang sedangkan uanga yang ada tinggal jatah susu anak maka sampaikan apa adanya jika tidak mampu menolong karena jatah susu anak anak. sampaikan alasan dengan bijak jangan sampai melukai saling memunculkan rasa empati.

3. menolong sesuai kebutuhan yang ditolong.
jangan berlebihan jika ingin menolong orang lain. karena rasa yang berlebihan itu tidak baik dan dapat mengakibatakan yang ditolong merasa berhutang budi dan menjadi beban untuk membalas kebaikan.

4. menolong bukan untuk mencari nama
mau menolong orang lain jika didepan banyak orang agar dianggab baik hati murah hati dan tidak sombong. niatnya sudah tidak baik maka pertolongan yang diberikan bukan menjadi amal kebaikan. maka yang dapat manfaat nya hanya dirinya mendapat nama baik.

5.manolong untuk kebaikan
berikan pertolongan jika tindakan kita menolong membawa kebaikan bukan malah menjerumuskan kepada hal hal keburukan. misalkan meminjamkan uang untuk kebutuhan hidup bukan untuk bermain judi, bukan untuk memenuhi kebutuhannya berfoya foya.

6. jangan menolong orang tapi merugikan pihak lain
seperti ketika kita mendahulukan teman kita yang baru datang berobat padahal yang datang lebih dulu mengantri itu lebih banyak dan sudah lama menunggu. maka kita menolong orang tapi juga dzlim kepada orang lain. tidak membawa kemaslahatan untuk semua.

7. katakan sejujuran sejauh mana kita bisa menolong.
jika kita memang tidak dapat menolong maka sampaikan saja bahwa sesungguhnya  tidak dapat menolong sesuai harapannya. karena keterbatasan tersebut maka bantuan pertolongan yang mampu diberikan hanya mendoakan semoga Alloh kirim pertolongan melalui perantara lain. karena sesungguhnya doa kadang kala lebih dibutuhkan dari pada kita menolak dengan kata kata yang melukai hati.

demikian 7 tips menolong orang yang menurut saya ini penting. sikap empati tetep kita berikan tapi besikap bijak dalam memebri pertolongan juga penting. sehingga pertolongan yang kita berikan dapat bermanfaat kalaupun tidak menolong kita tidak melukai oran disekeliling kita.

3 Komentar untuk "7 tips menolong orang "

  1. Menolong meminjamkan uang itu suka bikin keki. Apalagi kalau ternyata nggak dibayar-bayar utangnya. Untuk yg satu ini saya kapok.
    Makasih tipsnya Mba. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Tipsnya layak dicoba. Jangan sampai kita niat menolong, malah merugikan orang lain dan diri sendiri, ya Mbak.

    BalasHapus
  3. Terimakasih Mbk tety dan ummi nadliroh

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel