Yang Perlu Diperhatikan Korban Pelecehan Seksual Pada Anak





Yang Perlu Diperhatikan Korban Pelecehan Seksual Pada Anak

            Pelecehan seksual pada anak saat ini sering sekali terjadi. Hampir setiap hari media cetak maupun media elektronik menyiarkan berita tentang tindak kriminalitas pelecehan seksual pada anak yang berakhir dengan pembunuhan. Yang miris sekali pelakunya adalah orang orang dekat korban sendiri, bias teman teman bermainnya, tetangga korban, atau malah keluarga korban itu sendiri.
            Sekarang ini yang sering masuk pemberitaan adalah kasus pemerkosaan pada anak umur 10 tahun dan berakhir dengan pembunuhan. Pelakunya bukan satu orang tapi lebih dari lima orang. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dari fenomena ini tentang  kehidupan korban sehari hari.
. 1. Prilaku anak sehari hari.
Anak perempuan pada usia umur 10 tahun bisa diibaratkan masa mekar-mekarnya bunga. Baru mengalami masa akhil baliq, baru mendapatkan menstruasi. Pada masa ini mulai masa puber mulia menyukai lawan jenis. Oleh karena itu anak pada umur 10 tahun  mulai cenderung menyukai lawan jenis. Apalagi ditunjang dengan tontonan sinetron di televisi yang tentu saja menjadi contoh anak-anak. Maka kita perlu melihat bagaimana perilaku korban sebelum kejadian. Apakah korban adalah termasuk anak yang dalam masa puber ini mengikuti gaya sinetron. Sehingga bergaul dengan mudah dengan anak laki laki tanpa batasan.

2.Teman bergaul korban.
Anak usia 10 tahun biasanya mudah dipengaruhi temannya dari pada orangtua. Lebih mendengar apa yang dikatang temannya ketimbang apa yang dikatakan orangtua, lebih mencontoh prilaku teman dari pada orangtua. Oleh Karen aitu bias kita lihat bagaimana teman teman dekat korban, apakah teman temannya termasuk anak yang tidak memiliki aturan yang jelas tentang hubungan pria dan wanita.

3. Penampilan anak sehari hari.
Pada umumnya saat ini anak umur 10 tahun mulai mengikuti model busan yang sedang model. Dan model yang ditiru tentu saja model yang dicontohkan idolanya ditelevisi. Bagaiman penampian anak sehari hari cenderung menutup aurat atau yang cuek memamerkan kemolekan tubuhnya dikhlayak umum. Sering sekali yang terjadi anak umur 10 tahun menggunkan celana ketat dan kaos ketat yang memamerkan lekuk tubuhnya. Wajar kalau penampilan korban demikian akan membuat orang tergoda untuk menikmati tubuhnya.

4. Hubungan korban dengan orangtua
Apapun yang terjadi kepada seorang anak itu tidak terlepas dari kesalahan orangtua. Karena seorang anak selama masih menjadi tanggungan orangtua maka kewajiban orangtua untuk melindungi anak. Bagaimana hubungan anak dan orangtua adalah pengaruh penting terhadap kejadian pelecehan seksual. Orangtua yang melindungi anaknya tentu akan sangat paham dengan siapa anak bergaul,  bagaiman pengaruh temannya terhadap anaknya, bagaimana penampilan anak dalam keseharian, kemana anak pergi dan jam berapa anak harusnya ada dirumah. Semua hal tentang anak orangtua harus tahu dan mencari tahu. Kalau terjadi kecelakaan terhadap anak terjadi pelecehan seksual pada anak dan orangtua tidak tahu maka orangtuanya juga bertanggung jawab. Bisa dikatakan orangtua tersebut lalai dalam menjaga anaknya, lalai mengingatkan anaknya dalam bergaul, lalai sebagai orangtua yang tidak mengikuti perkembangan anak.

        Demikian beberapa hal yang mungkin perlu jadi perhatian bagi kita. Agar kita menyadari kejadian pelecehan seksual yang terjadi bias jadi berawal dari prilaku korban yang tidak terkontrol dari orangtua. Bias juga orangtua kurang paham bagaiman menjaga bunga yang sedang merekah. Oleh Karena itu mari kita sebagai orantua jangan lelah belajar menjadi orantua yang baik. Karena menjadi orangtua adalah proses belajar seumur hidup.

Image result for gambar anak masa puber

1 Komentar untuk " Yang Perlu Diperhatikan Korban Pelecehan Seksual Pada Anak "

  1. Hari2 ini ngeri, membaca banyak pelecehan seksual pd anak2. Anak sy 3 perempuan semua, yg plg besar kelas 2 SD. Skrg sedang belajar pakai jilbab kalau keluar rumah. Semoga dg seperti, bisa lebih terjaga. Mohon do'anya ya, Ummu...

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel