Belajar Kejujuran Dari Tukang Becak

Jumat adalah hari spesial bagi umat islam, hari yang penuh  kebarokahan dimana banyak orang berlomba bersodakoh dihari jumat. Pagi ini seperti biasanya tim sedekah nasi kota metro dari kecanduan sedekah bergerak menyebar nasi bungkus. Kegiatan sebar nasi bungkus biasa dilakukan jumat pagi oleh ibu-ibu yang bergabung dalam tim sedekah nasi.
Kegiatan rutin ini dilakukan ibu-ibu yang berkumpul di depan masjid taqwa lalu dibagi tiap ibu membawa beberapa bungkus dan disebar ke berbagai arah dikota metro. Yang menjadi target sasaran adalah tukang becak, pemulung, pasukan kuning penyapu jalan, dan duafa yang mencari nafakah dijalan.
Kegiatan ini rutin dilakukan pagi hari dari jam 07.00 wib sampai jam 08.00wib. dibagikan pagi hari karena sasaran adalah yang berangkat bekerja pagi buta dan belum sempat sarapan dirumah. Sebungkus nasi dengan lauk sederhana namun tetap bergizi tenyata sellau dinantikan oleh mereka.
Seperti beberapa minggu ini kami tak lagi keliling ke penjuru kota, tetapi cukup berkumpul didepan masjid taqwa mereka sudah datang mengambil nasi bungkus. Awalnya 80 bungkus nasi tenyata kurang ada bebrapa yang tak mendapatkan. Rasanya sedih sekali kalau melihat wajah kecewa mereka.” Maafkan kami pak semoga minggu depan jumlahnya bertambah ya pak” begitu kami menjelaskan kepada mereka.
Minggu berikutnya kami tambah menjadi 150 bungkus alhamdulillah dalam waktu kurang dari 1 jam habis. Ketika akan pulang masih ada bebrapa bapak yang datang dan kecewa, kami sedih sekali. Namun jumlah dana kami pun tidak banyak, sehingga tidak bisa menambah kuota. Karena kegiatan ini rutin maka kami selalu berusaha mengatur dana agar tidak samapi devisit untuk kegiatan minggu selanjutnya.
Minggu ini kembali kami berbagi nasi bungkus dengan jumlah kuota 150 bungkus. Bukan kami tidak ingin menambah kuota tetapi kembali ke kas dana donatur pun terbatas. Kegiatan ini murni dana dari relawan dan donatur yang jumlahnya pun tidak pasti. Oleh karena itu kami tidak bisa dengan mudah menambah jumlah kuota atau mengganti menu.
Tapi jangan pernah lupa karena ada Alloh yang selalu memberi pertolongan. Pagi ini transaksi langit terjadi, tanpa kami duga ada kiriman 15 bungkus nasi yang diantar oleh tukang kue. MasyaAlloh, siapakah beliau kami relawan tidak ada yang tahu. Tapi Alloh maha tahu bu, engkau yang telah berbaik hati berbagi rizqi tercatat namamu di langit sebagai donatur di hari jumat barokah ini.
Hilir mudik penerima nasi bungkus berdatangan, kami relawan tak ada yang hafal siapa yang sudah dapat jatah atau belum. Sehingga jika kami melihat bapak becak kami melambaikan tangan “pak sarapan dulu” begitu kami memanggil. Ada desiran hebat dihatiku, ketika beberapa dari mereka menjawab “sudah bu tadi sudah dapat kok”
MasyaAlloh, padahal kalau mereka mau ambil lagi pun kami tidak hafal. Kembali kami belajar kejujuran dari mereka. Bagaiman mereka saja yang memilki kesempatan untuk berbuat curang pun malu. Mereka memikirkan banyak teman yang belum mendapat jatah. Mereka kalau mau meminta lebih pun bisa tapi tidak mereka jujur. Bangga saya melihat betapa jujur itu indah.
Terimakasih pak, kami belajar kembali makna jujur, makna berbagi, makna bersyukur. Terimaksih untuk  doa – doa yang melangit pagi ini, yang degan tulus kau lantunkan untuk kami yang belum bisa berbuat banyak.
Untuk semua tim sedekah nasi Metro, semoga hari-hari indah ini kelak kembali kita rasakan disurga. Untuk seluruh tim sedekah nasi lampung yg ada di metro, pringsewu, dan juga kemiling jangan pernah lelah untuk bergerak. Untuk timsedekah nasi Indonesia yang ada diseluruh penjuru negeri ini, jangn pernah menyerah dengan begitu banyak tantangan. Kita bergerak bukan untuk mencari nama, bukan mencari ketenaran, kita bergerak untuk Alloh, untuk senyum bahagia mereka yang selalu menanti kita.
Kepada seluruh donatur yang selalu support dengan kegiatan ini terima kasih banyak, karena tanpa support dari para donatur kegiatan ini tak akan berjalan. Sinergi yang indah antara relawan dan donatur sehingga kegiatan ini dapat berjalan denga lancar.
Semoga kegiatan ini menjadi jalan pembuka pintu surga, semoga setiap harta, tenaga, dan support dalam bentuk apapun kelak akan kembali manjadi amal kebaikan di akherat. Semoga doa-doa yang melangit akan diijabah Alloh. Aamiin aamiin Alohuma Aamiin.
#SedekahNasiMetro
#kecanduanSedekah
Ummuarrahma
11 nov 2016

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel