Memilih Sekolah Anak



Berganti tahun tentu banyak rencana baru menanti, termasuk jadwal memasukan anak sekolah pada tahun ini. Meskipun tahun ajaran baru di mulai bulan Juni-Juli namun ada banyak sekolah yang buka pendaftaran di awal tahun. Biasanya sekolah-sekolah swasta dengan peminat tinggi sudah membuka pendaftaran lebih awal.

Memilih sekolah bagi anak baik itu taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama ataupun sekolah lainnya bukan hal sepele. Karena sekolah bukan hanya menjadikan anak cerdas tetapi juga membangun karakter anak itu sendiri.

Setiap orangtua memiliki harapan kelak anaknya kan menjadi seperti apa, orangtua memiliki visi dan misi dalam mendidik anak. nah semua tujuan, harapan, visi dan misi akan tercapai jika anak di didik di sekolah yang menundukung semua hal tersebut.

Saya sendiri sebagai seorang ibu memilih sekolah anak sudah menjadi rencana jauh sebelum anak saya sekolah. Bahkan sebelum saya menikah sudah memiliki cita-cita kelak anak saya harus sekolah di sekolah yang basic agamanya kuat. Ketika baru memiliki anak saya sudah mulai mencari reerensi beberapa sekolah dengan basic agama yang bagus. 

Ada 4 alasan saya memilih sekolah untuk anak-anak:
1.      Sekolah dengan basic agama yang kuat
Tentu ini menjadi sebuah perimbangan yang utama karena saya berharap anak-anak saya tidak hanya cerdas tetapi juga menjadi generasi islami. Anak yang sejak dini mengenal agamanya maka kelak ketika dewasa mereka sudah memiliki pondasi agama yang kuat.

2.      Guru yang komunikatif
Guru yang komunikatif baik dengan anak murid maupun dengan walimurid sangat mendukung pendidikan anak. karena guru yang komunikatif cenderung care dengan muridnya dan akan menyampaikan dengan wali murid. Guru yang komunikatif akan menjalin kerja sama dengan walimurud dalam pendidikan anak.

3.      Sekolah yang ramah dengan potensi anak.
Sekolah yang ramah dengan potensi anak adalah sekolah yang sangat mendukung prestasi anak muridnya di bidang apapun. Karena setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, ketika  sekolah ramah dengan potensi anak maka saya percaya sekolah akan menghargai apapun kelebihan ataupun kekurangan anak. sekolah tidak menilai seorang anak hanya dari nilai akademik saja. Hal ini sangat berpengaruh kepada perkembanga psikologis anak.

4.      Sekolah yang disiplin
Sekolah yang berkualitas tentunya menerapkan kedisiplinan bagi anak muridnya, disiplin adalah sebuah pendidikan yang mesti diterapkan dari usia dini.  Disiplin berdampak pada konsekwensi sanksi jika melakukan pelanggaran disiplin. Hal ini penting sekali dimana dengan sanksi mendidik anak menjadi pribadi bertanggung jawab. Selama sanksi yang diberikan sesuai dengan norma dan aturan yang benar.

5.  Biaya yang terjangkau.
sekolah dengan kualitas bagus tentu bukan sekolah sembarangan. bahkan mayoritas sekolah swasta yang memberika kualitas yang bagus dan lengkap. hal ini wajar saja karena sekolah swasta memiliki sumber dana sendiri berbeda dengan sekolah negeri yang sumber dana dari pemerintah. setia pengadan fasilitas di sekolah swasta lebih mudah dibanding sekolah negeri yang memiliki birokrasi yang rumit dalam pengadaan fasilitas.  oleh karena itu sekolah dengan fasilitas tentu biaya sekolahnya lumayan tinggi. sebenar tidak menjadi masalah ketika perencanaan sekolah sudah di fikirkan jauh hari oleh orangtua. 
meskipun demikian sebagai orangtua harus pandai emmilih sekolah dengan kualitas baik sesuai dengan harapannya tetapi juga sesuai dengan dana yang dimiliki. 

5 hal tersebut harus dimiliki sebuah sekolah yang menjadi tempat anak-anak saya menimba ilmu. Dan saya merasakan anak pertama saya sangat menikmati sekolahnya. Setiap pagi selalu semangat berangkat sekolah berjumpa dengan guru serta kawan kawannya untuk belajar. Ketika sore kembali ke rumah aad berbagai cerita menyenangkan bersama para guru maupun teman-teman sekolahnya.



Belum ada Komentar untuk "Memilih Sekolah Anak "

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel