Nama: Ummu Arrahma #Nice Homework1

Wanita Dan Belajar


" Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari Ilmu padanya, Alloh akan memudahkan baginya jalan menuju surga" (Sahih HR. Muslim)


Wanita adalah madrasah utama bagi putra-putrinya sejak berada dalam kandungan. Oleh karena hal tersebut maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang wanita agar menjadi wanita yang cerdas. kecerdasan hanya di dapatkan dengan belajar dimanapun kapanpun dan dengan siapapun yang bisa menjadi jalan kebaikan.

Seorang wanita  yang rajin belajar berbagai macam ilmu kehidupan maka akan memiliki banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam kehidupan. Belajar bagi seorang wanita tidaklah mesti duduk manis di suatu ruang yang bernama kelas atau sekolah. wanita cerdas dapat menjadikan kehidupan menjadi guru terbaik dalam belajar.  

Di zaman era gelobalisasi ini wanita ingin belajar sangat mudah, kemajuan tehnologi mempermudah wanita menuntut ilmu. Berbagai ruang belajar dengan aneka ilmu tersedia melalui media sosial, tinggal bagaimana mampu mempergunakan kesempatan tersebut. Alangkah sayang jika fasilitas yang tersedia tidak dapat dimanfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan, ataupun keterampilan. 

Menuntut ilmu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di dunia maupun diakherat kelak. berikut ini beberapa manfaat ilmu :

1. Ilmu akan kekal bagi pemiliknya hingga meninggal dunia
    Ilmu sangat bermanfaat bagi pemiliknya, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. ilmu juga dapat bermanfaat bagi orang lain yang ada disekeliling kita, dan dapat bermanfaat tersebut adalah ketika tidak ragu untuk berbagi ilmu dengan yang membutuhkan. ilmu yang kita bagikan bermanfaat bagi oranglain yang pahalanya akan mengalir hingga kita meninggal dunia yang disebut amal jariyah.

2. Alloh mengangkat drajat orang yang berilmu di dunia dan akherat. 
 "Allah mengangkat derajat orang-orang  yang beriman diantara kalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa drajat" (l-mujadalah:11)

3. Ilmu adalah jalan di mudahkan menuju surga.
 "Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga" ( sahih HR.Muslim )

MasyaAlloh begitu banyaknya manfaat ketika kita mau belajar untuk terus menuntut ilmu. Allah memberikan kemuliaan bagi yang menuntut ilmu termasuk kita para kaum Wanita tentunya. sebenarnya bukan hanya ilmu yang penting kita cari tetapi barokah dari ilmu yang kita miliki. adapun cara agar ilmu yang kita dapatkkan menjadi barokah dan bermanfaat maka harus menuntut ilmu sesuai dengan adab. berikut kita akan membahas beberapa adap menuntut ilmu bagi kaum wanita terutama Istri. 

1. Ridho suami 
Ridhonya seorang suami adalah ridhonya Alloh begitu bukan? maka setiap istri yang berniat untuk belajar menuntut ilmu hendaknya meminta izin dari suami. jika suami meridhoi maka lanjutkan jika tidak maka komunikasikan dengan baik. jika komunikasi tidak berbuah hasil maka taati perintah suami dengan tetap berdoa agar kelak suami dibukakan pikirannya oleh Allah agar ridho mengizinkan untuk belajar.

2. Ikhlas karena Alloh 
ketika menuntut ilmu hendakanya memiliki niat yang lurus karena Alloh, bukan untuk bersombong diri atau ujub dunia. apalagi kalau memiliki niat merasa lebih pandai dibandingkan yang lainnya.

3. Mengamalkan Ilmunya
sebaik-baik ilmu adalah yang bermanfaat atau diamalkan, ilmu yang bermanfaat akan terhitung menjadi amal kebaikan dunia akherat. oleh karena itu janganlah sungkan untuk memanfaatkan ilmu ataupun berbagi ilmu kepada oranglain.

4. Sabar dan terus-menerus.
menuntut ilmu bukan hal yang mudah maka membutuhkan kesabaran ekstra bagi para penuntut ilmu. jangan mudah menyerah dan terus belajar jangan pernah berhenti.

5. Menjaga Ilmu.
ilmu yang dimiliki hendaknya di ikat dalam tulisan dan juga diingat dalam memori otak. cara terbaik agara ilmu terjaga adalah dengan sering mengulang dan menghafalkan serta mengamalkannya tentu. 

demikian sedikit yang dapat saya tuliskan dalam nice homework untuk mengawali belajar sesi pertama ini. semoga apa yang sedikit ini dapat bermanfaat dan menjadi salah satu amal terbaik dari ilmu yang saya dapatkan.

Belum ada Komentar untuk "Nama: Ummu Arrahma #Nice Homework1"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel