Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah



#Nice Home work 4
Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?
Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.
a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
*jawab : Sampai saat ini saya masih ingin belajar dan konsisten untuk menulis

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

* jawab : untuk ceklis masih proses belajar untuk konsisten melaksanakan ceklis. Belajar manajeman waktu dengan mengatur ulang jadwal harian agar dapat sejalan dengan ceklis yang dibuat. 

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, 

* jawab : Setiap manusia memiliki takdir hidup yang berbeda, dengan tujuan terbaik bagi hambaNYA. Setiap waktu dalam kehidupan ini adalah sebuah proses panjang untuk belajar  agar manusia mengambil hikmahnya. Ujian –ujian kehidupan adalah sebuah proses belajar yang sangat berharga. Seorang ibu yang bijak hendaknya dapat mengambil hikmah kehidupan untuk bekal mendidik anak-anak. Ibu adalah sekolah yang pertama bagi anak-anaknya dalam mengarungi kehidupan. Alloh menjadikan seorang ibu pendidik sepanjang usianya, yang akan menjadi pendengar keluhan anak, menjadi mata untuk melihat luasnya ilmu kehidupan,dan  menjadi tangan bagi anak untuk menunjukan betapa indahnya dunia. Ibu adalah guru yang harus terus belajar agar ilmunya selalu ter update dengan ilmu terbaru. 

Misi Hidup : Menjadi ibu yang menginspirasi anak-anak dan lingkungan
Bidang   : Pernikahan dan kepenulisan
Peran : konsultan dan inspirator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
 * jawab :
1.      Bunda Pembelajar :
mempelajari ilmu tentang menulis dengan mengikuti training-training secara online yang menunjang untuk belajar menulis dengan baik. Membaca buku yang berkaitan dengan pernikahan dan mengikuti seminar tentang pernikahan.

2.      Bunda Sayang : 
Belajar konsisten untuk menulis, banyak membaca buku untuk menambah wawasan dalam dunia menulis. Karena  penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Karena saya tertarik dengan pernikahan maka saya belajar konsisten menulis yang berkaitan dengan pernikahan.

3.      Bunda Cekatan :
belajar manajeman waktu untuk menyeimbangkan kewajiban saya sebagai ibu, sebagai ibu pekerja, dan juga menjadi penulis yang baik. Membutuhkan konsistensi dalam mengatur manajeman waktu dan mengkomunikasikan dengan anggota keluarga.

4.      Bunda Produktif :
ilmu bisnis dalam dunia tulis menulis, misalkan mengikuti training membuat   artikel jebol media, atau belajar tentang seluk beluk penerbitan buku dan pemasarannya.

5.      Bunda Shaleha :
 ilmu tentang agama, fikih tentang pernikahan, seputaran agama islam yang dapat menunjang literasi penulisan artikel ataupun buku.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Milestone  yang saya buat adalah sebagai berikut

KM 0 – KM 1 ( tahun 1,2017) :
·         Menguasai ilmu tentang bunda sayang
·         Belajar ilmu kepenulisan
·         Memperbaiki tulisan sesuai EYD atau KBBI

KM 1 – KM 2 (tahun 2,2018) :
·         Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
·         Konsiten menulis baik di blog, maupun media web yang saya ikuti.
·         Berkontibusi dalam even-even kepenulisan
·         Mengikuti seminar pernikahan yang diadakan offline maupun online.

KM 2 – KM 3 (tahun 3,2019) :
·         Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
·         Aktif mengirimkan artikel ke media-media
·         Merintis bisnis menulis
·         Membuat target menulis buku

KM 3 – KM 4 ( tahun 4,2020) :
·         Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
·         Membuat group untuk berbagi ilmu kepenulisan
·         Menulis buku yang menginspirasi wanita bisa buku solo ataupun antologi
·         Menulis buku tema pernikahan
·         Aktif dalam komunitas penulis.

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Ada beberapa yang belum saya tuliskan dalam ceklis dan rencananya akan saya tambahkan dalam ceklis.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Diawali dengan bismillah mulai mencoba untuk terus belajar melaksanakan apa yang sudah saya rencanakan ini. Dengan izin Alloh semoga menjadi jalan kebaikan aamiin.


Belum ada Komentar untuk "Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel