Nice Homework#6 Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Belajar menjadi manajer keluarga handal merupakan sebuah proses panjang. Sebuah proses adalah bergerak maju bukan mundur atau diam di tempat. yang terpenting disini adalah sebah komitmen untuk terus berusaha menjalani proses dengan perubahan menjadi lebih baik sepanjang waktu.

seorang manajer berarti mampu mengatur segala hal dari pengaturan segala yang berkaitan dengan tanggung jawabnya. mengatur waktu seefkatif mungkin sehingga tujuan yang diharapkan tercapai. maka menjadi manajer keluarga handal mewajibkan seorang ibu mengatur waktu untuk memenuhi segala kebutuhan dan target yang ingin dicapai sebuah keluarga sesuai dengan visi dan misi.

3 aktivitas yang paling penting untuk keluarga:
1. Ibadah
    Ibadah merupakan aktivitas yang wajib menjadi prioritas penting dalam keluarga. karena ibadah    adalah pondasi penting dalam membentuk karakter anggota keluarga. Ibadah bukan sekedar rutinitas menggugurkan kewajiban, oleh karena itu ibadah harus menjadi sebuah kebutuhan bagi anggota keluarga. memanajeman kegiatan ibadah menjadi sebuah kebutuhan merupakan proses panjang membutuhkan figur contoh dari kedua orangtua.

2. Belajar Bersama
  Belajar adalah kebutuhan setiap manusia, oleh karena itu membudayakan belajar dalam kebutuhan adalah penting. sering kali bunda menyuruh anak untuk belajar, tetapi bunda sibuk dengan gadged atau sibuk beraktivitas lain. sehingga menimbulkan pemahaman bahwa belajar hanya kewajiban anak bukan orangtua. belajar menjadi hal yang membosankan dan membuat anak malas. tetapi ketika kita menjadikan belajar bersama adalah budaya yang harus dilaksanakan oleh semua anggota keluarga, maka anak akan menikmati proses belajar dirumah. ketika anak belajar membuat PR, maka orangtua bisa belajar dengan membaca buku-buku tentang ilmu yang diminati.
Anak belajar orangtua juga turut belajar, belajar menjadi kebutuhan bersama. waktu belajar bisa di jadwalakan bersama anggota keluarga.

3. Bekerja
Bagi saya bekerja merupakan sebuah aktifitas yang sangat penting. karena saya singgel mom yang mesti memiliki tanggung jawab menafkahi 2 anak yang masih kecil. oleh karena itu bekerja merupakan aktivitas yang memiliki porsi besar setiap harinya. menjadi wanita karier yang profesional dan royal melaksanakan setiap amanh yang saya emban.

Setelah menuliskan 3 aktivitas penting yang harus konsisten dilaksanakan dalam keluarga, maka ada 3 aktivitas yang tidak penting untuk di lakukan setiap hari.

1. Nonton TV (sinetron, gosip, tontonan yang tidak mendatangkan banyak manfaat)
aktivitas nonton televisi untuk beberapa acara yang memberikan informasi terbaru tentang negara merupakan hal penting. menonton talkshow keluarga, atau tontonan edukatif yang di sajikan di televisi bisa menjadi sebuah agenda penting. namun jika tontonan berupa sinetron yang beratus episode yang menyita banyak waktu, tontonan gosip yang tak membawa manfaat, atau tontonan lainnya hanya menyajikan hal-hal yang tidak mendidik sebaiknya dihindari. tontonan yang tidak edukatif atau informatif hanya membuang waktu sia-sia.

2. Berselancar di dunia maya, main game, dan beraktifitas di sosmed berlebihan tanpa jadwal oline.
Tekhnologi yang sangat berkembang pesat membuat kita terlena, terlebih jika tanpa manajeman waktu yang teratur. Bukan hanya anak-anak tetapi para orangtua kerap terlena. Kegiatan beronline ria menjadikan hubungan dengan anggota keluarga menjadi hambar, setiap anggota keluarga lebih asyik dengan teman di dunia maya dari pada anggota keluarganya. oleh karenanya kegiatan ini mesti di atur seminimal mungkin.

3. Keluar rumah tanpa tujuan penting.
seorang ibu jika sudah bertemu teman yang pas,cocok, nyambung dengan tema obrolan maka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk sekedar ngobrol. Saat ini sedang trend para ibu kongkow manis di kafe janjian dengan teman arisan, teman ngaji, teman kerja, mereka sibung bercerita tentang apa saja. melepas lelah katanya, atau bisa dengan alasan me time. Tidak salah memang jika sesekali saja dilaukan, tetapi jika dilakukan beberapa kali dalam satu pekan maka perlu dievaluasi tujuannya benar atau tidak. jangan sampai hal-hal tersebut membuat kita banyak kehilangan moment terbaik dengan anggota keluarga.





JADWAL KEGIATAN HARIAN

04.30 - 05.00
Solat subuh dan tilawah

05.00 – 06.00
Menyiapkan sarapan pagi, bekal anak, memandikan hanifah

06.00 – 06.30
Sarapan bareng anak-anak

06.30 -07.00
Mengantar anak sekolah

07.00 -07.30
Siap-siap berangkat bekerja

08.00 -14.00
Bekerja
14.00 -15.00
Menjemput anak yang besar ke sekolah yang kecil di daycare pulang ke rumah

15.00 – 16.00
Istirahat dan sholat ashar

16.00 – 18.00
Memandikan anak-anak, mencuci baju, membereskan rumah, menemani anak makan sore dan menemani anak nonton kartun

18.00 – 19.00
Sholat magrib dan murojaah hafalan quran mbak rahma, mengajarkan doa harian untuk hanifah

19.00 – 20.30
Belajar bersama

20.30 – 21.00
Menemani anak tidur

21.00 sd 23.00
Aktifitas menulis, membaca buku, berselanjar di dunia maya

23.00 sd 04.30
Tidur

3 Komentar untuk "Nice Homework#6 Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal"

  1. Waaah, iya bener, Mbak. Penting banget untuk memanajemen diri agar terhindar dari hal-hal yang nggak penting. Sederhana hal-hal tersebut, tapi terkadang signifikan pengaruhnya dalam membuat kita lalai. Sosmed, misalnya. Kalau berlebihan, tak jarang membuat terlena. Tanpa sadar waktu berlalu dan mengurangi produktivitas kita yang seharusnya bisa melakukan dan menghasilkan banyaknhal positif ketimbang cuma like, komen, dan update status di sosmed.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Izzah Anisa sudah mampir dan meninggalkan sapa sayang.

      Hapus
  2. Makasih ilmu kerennya.
    Saya masih belajar memanajemen waktu.

    Mantap Ummi

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel