Nasehat jodoh untuk adik solihah






“Aku mau dikenalkan sama cowok tapi Cuma lulusan SMA. Berarti menurut dia aku cocoknya sama orang lulusan SMA dong.” Curhat seorang adik di tempat kerjaku.

“Orangnya jelek lagi, kan malu kalau jalan sama dia ke kondangan atau acara lain.” Curhat nya lagi dilain waktu setelah bertemu laki-laki tersebut.

Aku hanya menarik nafas panjang, mengerutkan dahi dan beristiqfar dalam hati. Terbersit banyak pertanyaan dalam benak, apa sih arti jodoh menurut adik-adik solihah? Apakah jodoh hanya sekedar titel, wajah tampan dan kantong tebal? Apakah jodoh hanya berfungsi buat ajang pamer saat kondangan, saat kumpul keluarga atau momen lain. 

Jodoh bukan sebatas cinta, bukan sebatas gengsi dan enak dipandang mata. Jodoh itu adalah takdir. Setinggipun apapun harapan dan mimpimu maka ketika takdir menggariskan lain jangan pernah menyesali. Jodoh adalah misteri bagaikan kotak pandora, yang harus di persiapakan adalah kekuatan hati untuk menerima apapun isi dari kotak pandora tersebut. 


Jangan sibuk membuat list kriteria jodoh impianmu, cukup berusaha menjadi wanita solihah yang siap dengan takdir kehidupan. Terus mempersiapkan diri menjadi wanita yang berilmu, mumpuni memanajeman diri, dan cekatan membaca situasi. Jangan sibuk mengharap yang terbaik sedangkan dirimu masih jauh dari kriteria baik. 


Menikah bukan sekedar untuk status, bukan sekedar untuk konsumsi publik layaknya artis. Menikah adalah babak baru kehidupan yang membutuhkan energi besar dalam adaptasi. Membutuhkan banyak ilmu untuk membangun biduk rumah tangga yang sesuai dengan visi dan misi. Ilmu bukan yang diperoleh dari bangku kuliah, tetapi ilmu kehidupan yang diperoleh dari kedewasaan pribadi, pengalaman-pengalaman dari hubungan sosial yang baik dan dari hikmah yang diperoleh dari sekitar kita. 

Jangan pernah menilai jodoh dari sebuah potret kehidupan orang lain. Orang lain bisa jadi hidup bahagia dengan suami pejabat dan wajah rupawan, namun kita tidak pernah tahu seberat apa ujian kehidupan yang mereka lalui. Hidup ini hanya sawang sinawang, melihat dari luarnya bukan dalamnya sebuah rumah tangga. 

Duhai, adikku nan solihah, sadarlah perjuangan hidup tidak berhenti ketika menemukan jodoh sesuai kriteria. Karena pertemuan dengan jodoh akan berlanjut dengan perjalanan panjang mengarungi biduk rumah tangga yang  berakhir dengan surga atau neraka. 

Tips buat yang sedang mencari jodoh :
1.      Belajar tentang rumah tangga, bisa banyak membaca buku-buku pernikahan, mendengar nasehat pernikahan, dan  belajar dari pengalaman orang sekitar.
2.      Tetapkan hati untuk menikah, yakin kan diri sudah benar-benar siap untuk menikah beserta berbagai persoalan hidup dalam pernikahan.
3.      Buat visi dan misi kenapa ingin menikah? Agar ketika nanti proses taaruf mendapatkan jodoh yang memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan biduk rumah tangga.
4.      Bergau dengan lebih banyak orang, karena jodoh tidak datang sendiri tetapi bisa saja melalui perantara teman-teman yang mengenalmu. Bergaul dengan orang solih, berilmu, dan memiliki karakter positif  agar jodohmu berada diantara mereka.
5.      Rayulah pemilik takdir kehidupan, maka banyaklah berdoa kepada Alloh, sampaikan harapan dan impianmu.
6.      Bersabar, jangan mudah menilai seseorang hanya dari penampilan, utamakan keimanan nya karena imam yang baik harus paham kewajiban seorang hamba.

Nah, adik-adikku nan solihah, semoga kelak tak ada lagi yang mengeluh hanya karena di perkenalkan dengan orang yang tak bertitel, tak rupawan wajahnya, badannya tidak kekar dan kantongnya tidak tebal.
Wanita solihah tidak akan begitu murah menilai seorang hamba sebatas penampilan, harta dan tahta, karena itu terlalu sepele untuk meraih surga.

2 Komentar untuk "Nasehat jodoh untuk adik solihah"

  1. Catatan nih bagi semua anak muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak sudah mampir dan meninggalkan sapa sayang. miris melihat fenomena jodoh untuk bersaing hehhehe

      Hapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel