Lima Olahraga Untuk Ibu Hamil







Ibu hamil pada umumnya sangat takut melakukan olahraga karena khawatir akan menyebabkan keguguran. Sebenarnya olahraga saat hamil sangat banyak manfaatnya bagi Ibu hamil selama kehamilan, saat proses persalinan dan juga selama masa nifas. 

Olahraga sangat dianjurkan untuk mendapatkan kondisi fisik yang prima selama masa kehamilan. Tetapi tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh Ibu hamil. Ada bebrapa olahraga yang dapat dilakukan oleh Ibu hamil dengan frekwensi dan durasi yang disesuaikan dengan kondisi kehamilan agar dampaknya positif.
Beberapa olahraga berikut ini dapat menjadi pilihan yang menyenangkan bagi Ibu hamil:
1.      Jalan kaki
Jalan kaki adalah olahraga yang sangat ringan dan menyenangkan bagi Ibu hamil. Manfaat dari jalan kaki adalah untuk memperlancar fungsi dan sistem peredaran darah pada jantung. Selain itu jalan kaki sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, dan tidur malam lebih nyenyak, serta  resiko cidera yang sangat kecil.
Olahraga ini baiknya dilakukan rutin tiga kali dalam seminggu selama 20-30 menit. Dilakukan hingga kehamilan berusia 9 bulan.


2.      Melakukan pekerjaan rumah tangga
Melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel lantai tanpa menggunakan alat. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidk terpeleset karena air untuk pel. Melakukan kegiatan ini dapat memperlancar persalinan, lakukan 3 kali dalam seminggu selam 15 menit.


3.      Latihan memperkuat otot panggul
ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester 3 biasanya air seni mudah keluar saat anda tertawa, batu atau bersin. Dengan latihan memperkuat otot panggul maka hal tersebut akan berkurang.
Lakukan latihan ini dengan cara:
-          Posisi duduk atau tidur, kemudian angkat kaki ke atas sedikit demi sedikit.
-          Lakukan kurang lebih lima detik agar otot pada vagina dan dubur mengencang lakukan secara secara perlahan-lahan.
-          Setelah itu bisa dilakukan lebih cepat tetapi dengan santai. Lakukan beberapa kali dalam sehari.
 







4.      Naik turun tangga
Olahraga naik turun tangga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengencangkan otot pangkal paha. Olahraga ini dapat dilakukan saat anda berada dikantor, atau pusat perbelanjaan. Untuk sementara waktu menghindari lift dan gunakan tangga. lakukan dengan santai dan hati-hati janga terburu-buru agra tidak mengganggu pernafasan.

5.      Renang
Olahraga renang adalah olahraga yang paling aman bagi Ibu hamil. Olahraga ini bermanfaat untuk mengencangkan tubuh tanpa membebani tubuh dan persendian. Olahraga ini sangat bagus untuk melatih pernafasan dan melancarkan peredaran darah, menguatkan otot punggung, perut dan kaki. Lakukan olahraga ini 20-30 menit sekali dalam seminggu.


Ibu hamil hendak nya melakukan olahraga dengan hati-hati dan tidak memaksakan diri atau meforsir tenaga. Hal ini untuk menghindari kelelahan pada Ibu hamil yang juga dapat membahayakan Ibu dan janin.  Perhatikan tips olahraga untuk Ibu hamil berikut ini:
a.       Lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga dan juga pendinginan setelah olahraga. Hal ini bertujuan untuk menghindari cidera saat melakukan olahraga.
b.      Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat berolahraga.
c.       Berhenti berolahraga jika mengalami nyeri pada bagian perut, ada bercak darah, terasa lemas, sakit punggung, sakit disekitar vagina, serta denyut jantung meningkat secara tidak normal setelah melakukan olahraga.
Demikian sekilas tentang manfaat olahraga bagi Ibu hamil, jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan bagi Ibu hamil dan bebrapa tips dalam melakukan olahraga. Ibu hamil jangan takut berolahraga demi kesehtan dan kelancaran dalam persalinan.

Belum ada Komentar untuk "Lima Olahraga Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel