Anak di Era Digital

*


 



Kemajuan teknologi setiap harinya selalu berkembang, hal yang tak dapat dihindari dan dicegah. Kemajuan teknologi ini sangat berpengaruh bagi semua orang tanpa terkecuali. Tak perduli dengan usia, gender atau pun status sosial. 
Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan informasi di sebuah negara. Namun kemajuan teknologi ini adalah salah satu tantangan tersendiri bagi Emak. Karena mendampingi anak pada era digital bukan lah hal yang mudah.
Emak, banyak sekali reaksi orangtua yang berbeda dalam menyikapi kemajuan teknologi di era digital ini diantaranya :

1.      Menolak
Orangtua menolak anaknya menggunakan kecanggihan teknologi, tidak ada fasilitas komputer atau internet bagi anaknya. Sekilas hal ini bijak buat anak, ini sangat efektif dilakukan di dalam rumah. Namun ketika anak berada di luar rumah bersama teman-temannya fasilitas teknologi tidak dapat di hindari. 
 
kesehatantubuh-tips.blogspot.com
Maka menolak memfasilitasi anak justru dapat menjadi boomerang bagi orangtua. Karena akan lebih fatal ketika anak menggunakan fasilitas internet di luar rumah bersama temannya tanpa pengawasan orangtua.

2.      Menerima kemajuan teknologi
Orangtua menerima kemajuan teknologi dengan sangat terbuka, sehingga fasilitas komputer dan internet tanpa batasan. Orangtua hanya melihat dampak positif dari kemajuan teknologi sehingga anak terlalu asyik dengan dunia maya yang melenakan. Sebagai orangtua hendaknya tetap memberi batasan sesuai kebutuhan anak.
 
wajibbaca.com
3.      Menerima kemajuan teknologi dengan kontrol dan komunikasi yang baik.
Merupakan orangtua yang dapat menerima kemajuan teknologi, memberikan fasilitas tetapi ada batasan yang ditetapkan bersama. Dibutuhkan sebuah komitmen bersama dalam memfasilitasi kebutuhan akan internet, diskusi panjang tentang manfaat dan efek yang tidak baik dari internet.
Ada banyak persyaratan dari orangtua sebelum memberikan fasilitas ini, agar ada kontrol bersama, aturan dan batasan yang bertujuan agar kemajuan teknologi bermanfaat sesuai dengan tujuan yang positif.

 Ada beberapa tips bagi Emak agar dapat memberikan fasilitas internet bagi anak-anak dan meminimalkan dampak negatifnya.

1.      Buat jadwal kapan anak-anak dapat menggunakan fasilitas internet, misalkan weekand, atau setiap hari dengan waktu 1 jam perhari dijam tertentu.
2.      Dampingi saat anak berselancar didunia maya, jangan pernah melepaskan mereka tanpa kontrol dari orangtua.
3.      Diskusikan hal-hal yang tidak baik yang ditimbulkan dari internet, bahaya pornografi, dan melihat jenis game yang dipilih karena banyak game yang sejenis judi.
4.      Emak harus menjadi sahabat terbaik bagi anak, sehingga anak tidak sungkan untuk berdiskusi tentang apapun. Ketika anak hobby sosial media maka jadilah teman yang baik di sosial media. Hal ini merupakan cara mengontrol anak di dunia sosial media.
5.      Emak harus melek teknologi juga, agar dapat mendampingi anak tentu harus tahu seluk beluk dunia maya.
Itu lah sedikit ulasan tentang efek dari kemajuan teknologi, dimana dibutuhkan Emak yang juga up to date dengan kemajuan teknologi. Semoga Emak adalah orangtua yang bijak dalam mendampingi anak di era digital ini. Sehingga setiap kemajuan teknologi membawa manfaat yang positif dan dapat menjadi saranan mengembangkan diri.
ributrukun.com

2 Komentar untuk " Anak di Era Digital "

  1. Semoga dengan bertambahnya era digital ini semakin menambah positif buat umat manusia, bukan kemerosotan nilai.. Jadi pengguna digital yang bersih dan positif.

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel