Wanita & Era Digital





Wanita dimasa kini dituntut untuk mandiri, produktif, kreatif dan inovatif. Kemajuan teknologi memudahkan aktivitas seorang wanita meskipun berada dirumah. Artinya setiap aktifitas yang dilakukan harus mendatangkan manfaat baik untuk dunia maupun akherat kelak.

Wanita di era digital seharusnya mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mengembangkan diri. Terus meningkatkan kemampuannya dalam segala bidang yang inginkan. Ada beberapa peluang bagi wanita dengan teknologi digital saat ini.


1.      Bisnis online menjadikan wanita mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu. Di era digital bisnis dapat dilakukan dengan bermodalkan smartphone tanpa harus meninggalakn rumah. Banyak peluang marketer sebuah brand produk tertentu yang sangat mudah cara kerjanya. Setiap hari harus rajin mengiklankan produk yang kita jual setiap pembelian langsung kepada owner baik pembayaran maupun pengiriman barang. Setiap akhir bulan tinggal menikmati reward atau bonus dari penjualan kita.
Mudah sekali ukan, yang musti diterapakan adalah mempelajari cara beriklan yang menarik dan mengatur jadwal iklan dan membalas setiap komsumen yang membuthkan informasi.

2.      Berkomunitas meningkatkan pengetahuan wanita yang jarang bersosialisasi diluar rumah. Untuk wanita yang bekerja sebagai ibu rumah tangga akan sangat jarang bersosialisasi diluar lingkungan rumahnya, sehingga sering dianggap kurang up to date. Kalau sekarang diera digital tentunya sangat disayangkan jika masih ada yang kudet ya. Wanita dirumah tetep harus up to date dong tidak hanya taunya info gosip ditelevisi dan gosip tetangga.
Bergabung dalam komunitas yang bermanfaat untuk meningkatkan informasi sangat penting. Melalui group di facebook ada banyak pilihan group yang kece badai ilmunya. Tapi tetap harus hati-hati memilih group, karena banyak juga group yang isisnya bergosip dan ngobrol tidak jelas. Ada pilihan group yang sangat bermanfaat untuk wanita misal group ibu-ibu doyan bisnis, group ibu-ibu doyan nulis interaktif, group emak pintar asia, dan masih banyak lagi group yang penuh manfaat dan banyak ilmu.
Komunitas Sedekah Nasi Metro Yang berawal dari Media Sosial Facebook

3.      Belajar hal baru melalui tehnologi.
Ada banyak group belajar di media sosial, banyak wanita yang pada awalanya tidak bisa membuat kue. Ketika memanfaatkan tehnologi dengan bijak mereka mampu belajar membuat kue dan bahkan bisa menjadikannya ladang rizqi. Ada banyak media sosal yang memberikan banyak ilmu misalkan membuat keterampilan handcraf, membuat kue, mengajarkan menjahit, dan banyak lagi ide kreatif lain yang didapat dari media sosial.
 
Tapis Blogger yang merupakan komunitas Blogger Lampung tempat saya belajar ngeblog
4.      Berbagi ilmu.
Dengan media sosial kita bukan hanya mencari manfaatnya tetapi bisa berbagi ilmu. Bukankah berbagi ilmu merupakan amal jariyah yang pahalanya tak akan terputus ketika apa yang kita berikan diamalkan. Berbagi ilmu apapun selagi dalam konteks yang positif dan bermanfaat maka akan memiliki nilai tersendiri. Jangan takut untuk berbagi meskipun itu hanya sebuah nasehat.
Banyak sekali manfaat kemajuan tekhnologi selama yang diambil adalah segi positif dan manfaatnya. Banyak wanita yang salah memanfaatkan era digital untuk hal-hal yang tidak bermanfaat malah terkesan lebay.  Media sosial hanya digunakan untuk eksis narsis memamerkan foto-foto lebay tanpa manfaat. 


Bagaimana wanita memanfaatkan era digital ini adalah cara pandang wanita itu sendiri terhadap kemajuan tehnologi. Ingin mengambil manfaat yang positif dengan berbagai keuntungan bagi kemajuan dirinya. Atau hanya ingin menjadikan media sosial sebagai sarana untuk bersosialita memamerkan kecantikan dan kekayaan.

Wanita modern adalah wanita yang tidak latah dalam mengahadapi era digital, tetapi mengambil manfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Modern bukan hanya dengan foto-foto lebay sebagai wanita sosialita yang memamerkan produk band tertentu sebagai kebanggaan. Wanita modern adalah wanita yang mandiri, produktif, kreatif,  dan inovatif karena kemajuan zaman.

#PostinganTematik
#BloggerMuslimahIndonesia

                 "Tulisan ini merupakan Postingan Tematik Blogger Muslimah Indonesia"

30 Komentar untuk "Wanita & Era Digital"

  1. "Hidup ini harus hebat, kuat, luas, besar dan bermanfaat"
    Membaca ini menjadi bersemangat saya mbak... 😊

    BalasHapus
  2. Setuju banget tuh mbak. Harus produktif, inovatif dan tentunya pantang menyerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp muslimah yang tangguh adalah muslimah yang terus bergerak untuk maju.

      Hapus
  3. "Wanita modern adalah wanita yang mandiri, produktif, kreatif, dan inovatif karena kemajuan zaman" setuju banget dengan pernyataan ini mbak , jadi sebagai wanita yg hidup di era digital ini kita emang nggak boleh zaman ya, harus ikut perkembangan zaman nggak boleh latah asalkan ya.. tetap memberi kontribusi yang bermanfaat, lewat blog misalkan😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. *nggak boleh ketinggalan zaman

      Hapus
    2. *nggak boleh ketinggalan zaman

      Hapus
    3. yup benar sekali. mari kita terus mewarnai dunia dengan tulisan yang bermanfaat. folow ya

      Hapus
  4. Muslimah jadi symbol peradaban yg baik ya mbak. Banyak manfaag yg bisa ditebar dan didapat pastinya.

    BalasHapus

  5. Bagaimana wanita memanfaatkan era digital ini adalah cara pandang wanita itu sendiri terhadap kemajuan tehnologi.-->> Noted
    Semoga kita termasuk muslimah yang memanfaatkannya dengan bijak dan benar ya, Mbak :)

    BalasHapus
  6. Setuju, Mbak... Modern berarti juga cerdas, cerdas memilah mana yang layak dan mana yang tidak layak disimak, diposting, maupun disebarluaskan... Dan sebagai muslimah kita sudah punya panduannya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah zaman sekarang ada banyak banget peluang untuk bisnis online + dapet banyak ilmu dari berbagai komunitas

    BalasHapus
  8. Tekhnologi memudahkan kita di zaman sekarang dalam berkomunikasi dan bberdikari ya mba .. terimakasih artikelnya mba ^^

    BalasHapus
  9. Banyak peluang terbuka untuk peremouan di zaman digital ini. Maka memanfaatkannya dengan bijak adalah satu langkah yang tepat

    BalasHapus
  10. Benar sekali, banyak peluang terbuka luas di era digital ini.
    Kita lah yang menentukan sampai sejauh mana kita berkecimpung di dalamnya, dengan tetap berpegang teguh pada syari'at agama.
    Terima kasih sharenya mba.

    BalasHapus
  11. Banyaknya yang bisa di gerakkan oleh muslimah dan yang pastinya sangat bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus
  12. Di zaman digital peluang bisnis juga semakin terbuka..senangnya..

    BalasHapus
  13. Di era digital ini banyak sekali peluang yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi muslimah untuk lebih kreatif dan inovatif ya Mbak😉

    BalasHapus
  14. Wanita modern adalah wanita yang mandiri, produktif, kreatif, dan inovatif karena kemajuan zaman..setuju sekali.
    Semoga kita bisa menjadi salah satunya :)

    BalasHapus
  15. Setuju, wanita modern adalah wanita yang bisa bijak d era digital dan memanfaatkannya untuk kebaikan

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah saya jga udah merasakan enaknya bisnis online. Bisa punya uang sendiri, seneng...

    BalasHapus
  17. Benar sekali, jangan cuma sederhana, tapi juga harus hebat, manfaat juga.. :)

    BalasHapus
  18. Siiip mba. Setuju. Yuk ah semangat jadi wanita modern

    BalasHapus
  19. yang paling kerasa bagi saya itu manfaat di era digital yaa itu bisa tau resep-resep masak dari blog teman-teman, dan bisa kenal dengan teman baru (secara ibu rumah tangga jarang ketemu banyak orang) hehe.. tapi sangat menyenangkan karena jadi punya komunitas yang sama dan punya passion yang sama. Salam kenal ya ummu arrahma :)

    BalasHapus
  20. Artikel yang bermanfaat mbak..sedang belajar hal baru dan semoga jadi ladang rizki..aamiin..makasih yaa

    BalasHapus
  21. Setuju bingit sama "Wanita di era digital seharusnya mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mengembangkan diri"
    hihi.
    BTW, seragam gamis item saja bergo kupu-kupunya kusuka deh, jadi pengen juga hehe

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, saya merasakan sekali manfaatnya mengikuti komunitas di dunia maya yang berlanjut di dunia nyata juga :)

    BalasHapus
  23. Hidup hanya sekali, maka hiduplah dengan dasyat * eh, itu kan kata2 Pak Tung Desem. Setuju, hidup sekali harus hebat, kuat, dan bermanfaat.

    BalasHapus
  24. Membakar semangat diri deh membaca tulisan mbak. Makasih yaaa.

    BalasHapus
  25. Wanita dimasa kini dituntut untuk mandiri, produktif, kreatif dan inovatif.

    Yes, mengembangkan diri untuk memanfaatkan tekbologi semaksimal mungkin. Muslimah jaman now enggak boleh gagap teknologi ya.

    Tulisan ini membangkitkan kembali semangat yang lagi ngedown. 😊

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel