Nutrisi Kunci Tumbuh Kembang Anak


foto by mira utami



20 November 2019  saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk hadir dalam Seminar Kesehatan Anak yang di adakan oleh PT K-Link Indonesia yang di adakan di Gedung Wanita Persit Lampung. Kegiatan ini juga bersamaan dengan Coloring Competition Super Kids yang pesertanya adalah murid TK di Bandar Lampung. 

Pagi di iringi gerimis , dan macetnya jalanan kota di pagi hari tidak menyurutkan semangat untuk menghadiri kegiatan. Sampai di lokasi sudah ramai sekali dengan anak-anak TK yang siap mengikuti lomba mewarnai. Bahkan ada penampilan marching band oleh anak-anak TK Persit. Ada sekitar 300 peserta lomba yang didampingi oleh orangtua.


Menunggu persiapan acara dimulai saya pun menyempatkan diri keliling melihat anak-anak latihan marching band, ana-anak yang bersiap-siap lomba mewarnai, dan para Ibu walimurid yang mendampingi putra-putrinya untuk lomba. Biasa kalau mau ada lomba pasti Ibunya lebih rempong dari anak-anaknya. 

Tak menunggu lama, acara dimulai. Kegiatan diawali  pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh undangan dan anak-anak TK yang hadir. Semangat nasionalisme dari lagu ini sangat menggetarkan jiwa. 

Selanjutnya adalah penampilan Marching band oleh anak-anak TK yang telah bersiap sejak pagi. Penampilan yang sangat menarik perhatian seluruh penonton. Keberanian anak-anak untuk tampil harus mendapat apresiasi yang luar biasa. Bagaimana mereka dengan cekatan memikul alat musik, menari dengan cantik, sungguh luar biasa indahnya. 

Setelah acara pembukaan selesai lomba mewarnai juga siap dimulai, demikian juga dengan seminar kesehatan anak. Anak-anak mengikuti lomba didampingi oleh dewan guru dari masing-masing sekolah. Orangtua dipersilahkan duduk di kursi yang sudah disiapkan. Walimurid dipersilahkan untuk mengikuti seminar kesehatan anak agar pemahaman orangtua tentang kesehatan anak bertambah dan dapat bermanfaat untuk mendampingin anak-anak. 

Sayang sekali, banyak orangtua yang masih belum rela melepaskan anaknya bersama dewan guru. Mungkin mereka khawatir anak akan rewel sehingga tidak konsentrasi mengikuti lomba. Padahal ketika orangtua mengikuti seminar maka pengetahuan akan bertambah dan anak juga belajar mandiri. Ikut serta dalam lomba jangan mengorientasikan untuk juara tapi melatih keberanian anak untuk berkompetisi. Kesadaran orangtua yang kurang membuat panitia berulang kali menghimbau kepada orangtua untuk duduk ditempat yang sudah disediakan. 

Seminar kesehatan anak di sampaikan oleh Fina Rizki dengan tema “ Nutrisi Seimbang Pada Masa Tumbuh Kembang Anak”. Tema seminar ini sangat menarik, terutama bagi saya sebagai ibu dari anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Apa sih nutrisi seimbang itu ya? 

Dari data survei di Indonesia tahun 2013 ada 13% anak-anak mengalami gizi buruk dan 12 % mengalami obesitas. Belum lagi permasalahan anak yang tidak suka mengkonsumsi sayuran dan buah karena lebih memilih makanan instan. 

Masalah nutrisi bukan masalah remeh, karena nutrisi sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak baik secara fisik, emosional, perilaku dan tingkat kecerdasan anak. Melihat hal tersebut hendaknya orangtua harus memperhatikan asupan gizi yang diberikan kepada buah hati. Asupan gizi disini adalah jenis makanan yang diberikan, kandungan gizi dari makanan tersebut juga harus menjadi perhatian penting. Jika setiap hari anak di beri makanan instan seperti nugget, sosis, kornet, dan makanan instan lainnya makan harus dipertanyakan sudah pahamkan tentang nutrisi anak?


Karena faktor perkembangan zaman, orangtua yang sibuk bekerja cenderung menyediakan makanan instan. Terlebih mereka lebih mengutamakan asupan karbohidrat dan lauk-pauk saja yang praktis dan simpel. Sehingga mereka lupa akan kebutuhan gizi mikro seperti buah dan sayuran. Orangtua harus ingat bahwasanya vitamin dalam sayuran dan buah sangat penting bagi pertumbuhan anak dan perkembangan otak anak. 

Faktor terbiasa mengkonsumsi yang simpel, praktis, dan instan membuat anak menjadi sulit makan sayur dan buah. Bahkan ada anak-anak yang picky eater atau pemilih dalam makanan sehingga target nutrisi seimbang berat untuk terpenuhi. Untuk hal tersebut tak ada pilihan lain kecuali orangtua hendaknya memberikan suplemen makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak. 

PT K-Link Indonesia sangat paham akan masalah nutrisi pada anak ini, akhirnya meluncurkan produk suplemen yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin tersebut. Jadi bagi orangtua yang kesulitan dalam memenuhi nutrisi seimbang bisa memberikan produk yang sangat recomended ini ya. Apa ya kira-kira produknya? 

K-Kids Omega 



K-Kids Omega dari K-Link Indonesia merupakan suplemen untuk tumbuh kembang anak dan membantu mencerdaskan anak karena K-Kids Omega mengandung bahan-bahan alami ang dibutuhkan oleh anak.

K-Kids Omega suplemen yang terbuat dari bahan alami minyak hati ikan Cod tanpa tambahan pemanis, pewarna, pengawet, atau bahan kimia lainnya. Maka, dijamin aman dikonsumsi anak dalam jangka panjang. Kandungan Omega 3 (EPA dan DHA) vitamin A dan vitamin D sangat mendukung kecerdasan anak karena bermanfaat untuk membentuk sel otak anak.  Minyak hati  ikan Cod sangat baik untuk menjaga imunitas anak, sehingga anak tidak mudah sakit serta membantu proses penyembuhan pada anak yang dalam masa penyembuhan setelah sakit.  Kandungan nutrisinya  juga dipilih sesuai dengan kebutuhan anak-anak yang dapat merangsang  nafsu makan anak. 

Manfaat K-Kids Omega
1.      Sebagai bahan utama  pembetukan sel otak
2.      Menunjang perkembangan sel otak anak dan saraf.
3.      Menunjang pertumbuhan tulang anak.
4.      Menjaga tulang anak tumbuh dengan kokoh dan kuat
5.      Baik bagi sel retina anak.
6.      Meningkatkan daya tahan tubuh.
7.      Memberi pengaruh positif untuk menigkatkan nafsu makan anak.


Kegiatan Coloring Competition Super Kids dan Seminar Kesehatan Anak di Gedung Wanita Persit merupakan langkah nyata keperdulian PT K-Link Indonesia terhadap tumbuh kembang anak. Kegiatan yang di rancang ceria dan fun bagi anak-anak namun juga menambah wawasan untuk orangtua.

Lomba mewarnai, yang juga di lengkapi penampilan energik dan lucu serta menggemaskan dari anak-anak TK adalah langkah memupuk mental anak. kegiatan kompetisi bukan sekedar mencari pemenang lomba tetapi melatih anak untuk siap berkompetisi dalam kehidupan. Melatih anak untuk percaya diri, melatih kreativitas anak, dan tentu memunculkan bakat- bakat dari anak-anak tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi Kunci Tumbuh Kembang Anak "

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel