Mengenal Pulau Natuna


Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang Kepulauan Natuna. Bukan tanpa sebab sih, sebebnarnya hari ini ada pembagian kelompok di komunitas ODOP (one day one post). Kebetulan sekali setiap kelompok mempunyai nama kepulauan, diantaranya Pulau Bungin, Pulau Harapan, Pulau Natuna,  dan Pulau Buru. Saya masuk dalam kelompok Pulau Natuna. Karena hal tersebutlah akhirnya saya berminat untuk lebih mengenal Pulau Natuna. Salah satu admin juga menyarankan untuk menuliskan tentang pulai kelompok masing-masing jadi cocok dengan apa yang saya tuliskan ini ya.

Pulau Natuna merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Letaknya berada di bagian utara selat Karimata. Pulau Natuna ini memiliki batas-batas yang dekat dengan negara tetangga lho. Batas-Batas tersebut adalah:

·               Utara berbatasan dengan  Vietnam dan Kamboja  

·         Selatan berbatasan dengan Sumatra Selatan dan Jambi

·         Barat berbatasan dengan  Singapura dan Malaysia

·         Timur berbatasan dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat.

Nah, batas-batas Pulau Natuna memang mayoritas dekat dengan negara tetangga ya. Utara, Timur dan Barat berbetasan dengan negara tetangga. Wajar dong kalau Pulau Natuna sempat di lirik Oleh para tetangga. 


Selain karena batas secara geografis yang membuat Pulau Natuna menjadi istimewa tentu juga karena kekayaan alamnya yang luar biasa. Pulau Natuna terkenal sebagai penghasil minyak bumi dan gas alam. Konon minyak bumi yang dihasilkan oleh Pulau Natuna adalah 1.400.386.470 barel. Selain minyak bumi Pulau Natuna juga penghasil gas bumi yag luar biasa yaitu 112. 356. 680.000 Barel. Jumlah minyak buni dan gas bumi tersebut berdasarkan sumber Wikipedia.

Pulau Natuna berada di wilayah perairan tepat di jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Wajar saja kalau Pulau Natuna hampir saja di klaim kepemilikan oleh Negara Cina. 
 
suber foto wisatalova.com
Selain Kekayaan Alam dan letak yang strategis kelebihan lain Pulau satu ini adalah kecentikannya yang menarik. Sayangnya kecantikan pulau ini belum tereksplor. Pulau Natuna juga dikenal dengan nama Mutiara di Ujung Utara yang menggambarkan keindahannya. Ada banyak pantai yag masih alami sehingga menjadi rumah bagi biota laut. 

Mengenal sekilas tentang Pulau nan cantik dan kaya ini tentu membuat saya semakin penasaran ingin berkunjung ke sana. Menyenangkan sekali kalau ada kesempatan menikmati keindahan alamnya. Semoga suatu hari kita bisa sampai kesana ya....

Baiklah semoga keberadaan saya di kelompok natuna ODOP menjadikan saya semakin kaya akan ilmu baik dari mentor, pendamping juga teman-teman yang rata-rata masih muda dan tentu energik. semakin semangat menulis dan selalu konsisten sampai akhir belajar di ODOP. 

18 Komentar untuk "Mengenal Pulau Natuna "

  1. Balasan
    1. Wah indah ya mbak pulau Natuna sampai buat rebutan negara tetangga. Btw dekat ya kalau mau jalan-jalan ke negara tetangga mbak.

      Hapus
  2. Satu-satunya yang saya ketahuilah soal Natuna ya minyaknya plus perusahaan-perusahaan asing yang mengelola Blok Natuna itu.

    Pernah beberapa kali kirim Tim kesana dan beberapa kali gagal terbang karena cuaca buruk.

    Pengen deh, suatu saat menjelajah nusantara kita ini. Pulau sih pasti eksplor pantainya ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget pantai di setiap daerah mempunyai daya tarik tersendiri.

      Hapus
  3. Nice artikel, makasih infony mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga mbak sudah berkunjung ke blog saya.

      Hapus
  4. Waw saya baru tahu lho Ummi soal pulau Natuna ini. Oh ya, Ummi keren ikh bisa ikut ODOP. Rajin nulisnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum rajin bunda makanya ikutan ODOP untuk memaksa diri sendiri untuk menulis. Paksaan itu lebih manjur katanya mbak hehehhe

      Hapus
  5. Mba, Saya yang udah belasan taun di Batam aja belum pernah ke Natuna, jadi malu hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah padahal enggak terlalu jauh ya kalau dari Batam. Sumatra ini uniknya terpisah2 oleh selat kecil-kecil. Memiliki banyak pantai yg unik dan indah.

      Hapus
  6. Keren ya, gak bisa bayangin kalau hidup di sana, persinggungannya sduah dengan berbagai budaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kalau di Sumatra memang banyak budaya karena dari pulau Jawa juga sudah banyak yg merantau. Apalagi Natuna dekat dengan negara tetangga pastinya sedikit banyak mempengaruhi juga kali ya

      Hapus
  7. Wah, keren ikutan ODOP..semoga sukses ya Mbak
    Terima kasih infonya tentang Natuna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memaksa diri untuk belajar konsisten menulis. Rasanya tuh berat kalau tidak dipaksa mbak.

      Hapus
  8. Setelah sekian lama jadi sengketa, pulau ini akhirnya resmi jadi milik Indonesia ya mba.Bravo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulaunya kecil tapi luar biasa kaya jadi deh banyak yang minat. Alhamdulillah rizkinya bangsa Indonesia.

      Hapus
  9. Oo karena itu dulu ada wacana sempat mau diklaim negara tetangga ya mbak?
    Lahh kekayaan alamnya saja sampai dieksploitasi orang asing ehh hehehe

    Bu Susi, Mentri Perikanan juga sempat ngunggah vidoe di youtube tentang lobster2 di laut Pulau Natuna.
    Wuihh besar2 ternyata di sana yaa ;)

    Pulau Natuna memang keren 👍

    BalasHapus
  10. Wah Indah yah Lokasi dimana ini mbak? Thanks info

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel