Istri Manja Suami Semakin Stress




Pernah di curhati seorang tetangga “ Aku lagi males mbak mau ngapa-ngapain, enggak masak, enggak cuci baju juga enggak beresin rumah. Pokoknya Cuma tiduran seharian ini.”

“Kenapa, sakit ya mbak? Terus anak –anak gimana?” Aku bertanya kepada tetanggaku itu 

“ Enggak sakit mbak. Lagi males aja suamiku itu sudah satu minggu enggak kerja. Suntuk aku lihatnya jadi aku ngambek lah. Anak-anak beli mie instan aja makan nunggu ayahnya berangkat cari kerja” Jawab nya santai.

Pernah kah kita mengalami situasi demikian? Suami tiba-tiba enggak dapat pekerjaan misal seperti ibu tersebut  karena suaminya kerja serabutan. Atau bagi yang suaminya punya pekerjaan tetap  kena PHK apa kira-kira reaksi ibu-ibu?

Sebenarnya tanpa seorang istri marah, ngambek, merajuk, suami pun paham kalau kondisi keluarganya sedang dapat ujian. Suami lebih tertekan dengan kondisinya sendiri yang tiba tiba mesti berhenti bekerja, tidak ada penghasilan, dan masih ditambah istri yang tidak kooperatif.
Pasti suami merasa sangat sedih, frustasi, dan tertekan. Wajar banyak pula kejadian bunuh diri karena kena PHK, perceraian dan banyak kasus yang disebabkan permasalahan  ekonomi keluarga yang kacau. 

Seorang istri pasti juga galau, cemas, takut memikirkan ansib dapur nya. Memikirkan uang jajan anak-anak, memikirkan bayar angsuran ini dan itu, bayar listrik dan sebagainya. Tapi apakah dengan ngambek, merajuk, mendiamkan suami, membiarkan rumah tak terurus , dan banyak sikap negaif lainnya akan menyelesaikan masalah.  Jawabannya tentu tidak, karena setiap masalah yang di selesaikan dengan cara negatif akan menambah masalah.

Seorang suami sudah sangat tertekan dengan status pengangguran, masih ditambah maslah keluarga, belum pandangan negatif ketika beliau ngenggur, bayangan masa depan anak-anak.  maka hendaknya seorang istri memberi motivasi bukan malah menuntut saja.  Seorang istri memberikan kekuatan bahwa semua akan dapat dilalui.

Mencari solusi keluar dari permasalahan lebih utama dari pada diam dengan segala ketakutan. Memilih usaha mandiri dari uang pesangon  atau mencari pekerjaan di tempat kerja lain bisa menjadi pertimbangan. Karena kedua hal tersebut yang akan dapat menghasilkan rupiah untuk masa depan.
Memilih usaha mandiri bukan hal yang mudah, karena sebuah usaha memiliki tantangan dan juga resiko. Maka sesuaikan usaha denga modal yang ada, seorang istri harus mampu menjadi motivator utama dalam menjalankan usaha. Karena dukungan penh seorang istri akan membuat seorang suami lebih semangat dalam berusaha. 

Jika memilih untuk mencari pekerjaan lain maka seorang istri harus membantu. Ya bantulah suami dengan doa-doa terindah untuk kemudahannya dalam mencari pekerjaan yang baik dan halal. Sabar jika suami belum mendapatkan pekerjaan, stidaknya tidak banyak mengeluh agar beban nya tidak semakin berat karena keluh kesah. Gunakan uang yang ada dengan sesebaik mungkin jangan terlalu boros. 

Seorang istri adalah kekuatan seorang suami, ketika di terpuruk maka seorang istrilah yang mampu mengajaknya berdiri. Seorang istri harus bisa menjadi tempat berbagi beban bukan menambah beban. Jika seorang istri tak bisa berbagi beban maka kemana suami akan mencari tempat berlabuh?

#ODOP6
#Tantangan2

Belum ada Komentar untuk "Istri Manja Suami Semakin Stress"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel