Lima Alasan Wanita Berhijab



Pernahkah wanita berpikir apa sebenarnya alasan wanita mengenakan hijab? Alasan untuk berhijab menurut saya sangatlah penting. Karena segala sesuatu memiliki alasan dan tujuan, sehingga kita akan mempertahankan niat kita untuk berhijab. Berhijab memiliki makna yang sangat luas dan berpengaruh yang sangat besar untuk para wanita dan juga lingkungan.

Alasan berhijab juga untuk mengetahui seberapa paham wanita mengerti fungsi hijab itu sendiri. Sekarang ini hijab merupakan trend yang sangat diminati kaum wanita, sehingga banyak yang menggunakan hijab hanya sebatas mengikuti mode. Akibatnya pengguna hijab hanya karena mode tidak memperhatikan etika dan tujuan dari hijab itu sendiri. 
 
Minimal ada 5 hal yang menjadi landasan bagi seorang wanita menggunakan hijab, agar hijab yang digunakan bukan hanya karena mode. Hendaknya hijab dapat menjadi warna sendiri bagi akhlak dalan keseharian seorang muslimah. Inilah lima alasan mengapa wanita berhijab.

1.      Kewajiban
Alasan pertama  mengenakan hijab adalah karena kewajiban sebagai muslimah. Wanita berhijab adalah bukti bagaimana islam memuliakan dan menjaga kehormatan wanita.
Allah SWT dalam surat Al Ahzab (59) berfirman : Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan Isteri-isteri orang mu’min : “Hendaklah mereka megulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

2.      Pengingat diri.
Alasan  kedua adalah sebagai pengingat diri agar selalu menjadi muslimah yang baik. Semua tahu kalau yang berhijab adalah muslimah,  tanggung jawab yang berat setiap prilaku yang akan dikaitkan dengan agama islam tentunya. Sedikit saja  lengah berprilaku tidak sepantasnya maka kesalahan tersebut akan dikaitkan dengan hijab dan juga agama. Oleh karena itu  menjadikan hijab sebagai pengingat diri agar berprilaku yang baik sesuai aturan agama.

3.      Menjadikan hijab motivasi belajar agama.
Setelah  memutuskan untuk mengenakan hijab sebaiknya seorang wanita giat mencari ilmu agama. Hal ini berkaitan dengan alasan sebagai pengingat diri, agar tidak salah dalam berprilaku maka ilmu agama sangat dibutuhkan. Wanita hendaknya setelah memutuskan untuk berhijab langkah selanjutnya bukan mencari model hijab terbaru tetapi carilah ilmu tentang agama.

4.      Sebagai syiar agama
Banyak orang tertarik menggunakan hijab karena melihat orang lain berhijab yang santun, beretika dan berkualitas ilmunya. Tetapi banyak yang anti dengan hijab karena melihat orang berhijab tapi prilakunya tidak sesuai dengan hijab yang dikenakan. Orang yang demikian bisa jadi karena belum paham sehingga menggunakan hijab sebatas mengikuti mode.
Jika wanita ingin menjadikan hijab yang dikenakan sebagai syiar islam mari menjadikan hijab berkesan dihati mereka yang belum berhijab.

5.      Tanda cinta kepada suami
Hijab adalah menutup aurat kita dari tatapan yang bukan muhrim. Menjaga perhiasan dan aurat hanya untuk suami tercinta. Hijab adalah tanda cinta seorang istri kepada suami juga menjaga kehormatan suami dengan tidak  membiarkan laki-laki lain mendekati.
Seorang wanita yang memamerkan auratnya sama dengan mengundang laki-laki lain mendekatinya.

Demikian lima alasan mengapa wanita berhijab, sepanjang hidup hijab akan melindungi dari mata-mata penuh nafsu, melindungi dari hal-hal yang keji, menjaga kehormatan diri dan tentu bukti cinta untuk suami.  Kelak hijab akan menjadi salah satu penolong  dari panasnya api neraka. 

#ODOP6
#H4




1 Komentar untuk "Lima Alasan Wanita Berhijab "

  1. Waaahh, klo aku pas pertama kali pakai ya karena emang lagi pingin,,hehe

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel