Pemuda Indonesia Harus Siap Making Indonesia 4.0




Sekolah tinggi Teknologi Bandung tanggal 1 September 2018 mengadakan SELISIK dengan tema “Menyiapkan SDM untuk menghadapi Industri 4.0”.  Selisik  kali ini menghadirkan  keynote speaker Ir. Priyantono Rudito, M. Bus.Ph.d  (Direktur Eksekutif Co-Branding Wonderfull Indonesia Kementrian Pariwisata) dan Prof. Dr.M.Suyanto.M.M  (Rektor Universitas Amikom Yogyakarta). 

Seminar yang diadakan di Hotel Harris Festival Citylink Bandung, merupakan wujud dari persiapan nyata STT Bandung dalam menyambut Industri 4.0. dengan menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten. Setiap lulusan STT Bandung diharapkan siap mengaplikasikan ilmu yang diperoleh sehingga memiliki nilai jual yang kompeten berdaya guna memajukan industri tersebut.

Pembicara pertama adalah Ir. Priyantono Rudito, M. Bus.Ph.d  membawakan materi tentang “Menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Industri 4.0”. Sumber daya manusia dalam menyongsong Indutri 4.0 harus benar-benar dipersiapkan. Persiapan SDM ini meliputi tiga point utama yaitu :
1.      Experiential Learning
2.      Choaching
3.      Unlockling from Within

Ketiganya merupakan kolaborasi dari berbagai generasi agar tercapai hasil yang maksimal. Pembicara yang sangat kompeten ini memberikan quote yang sangat luar biasa. “Hidup terlalu berharga untuk dilalui tanpa karya besar untuk sesama” Priyantono Rudito, 2018.

Pembicara selanjutnya adalah Prof. Dr.M.Suyanto.M.M  yang memberikan materi tentang Human Capital Development Industrial 4.0.  pencerahan yang sangat menarik dimana beliau membahas tentang cara mengembangkan sumber daya manusia secara maksimal khusunya di Indonesia. Menurut beliau, ada 4 bagian penting yang perlu dikembangkan yaitu Professional, Enterpreuner, Sciencetis, dan Artist. Ke empatnya adalah rangkaian yang tak terpisahkan ada keterkaitan dimana menjadi sebuah kolaborasi untuk saling melengkapi. 

Selain hal tersebut, juga menyoroti tentang kreatifitas yang harus menghasilkan produktifitas dengan inovasi-inovasi baru adalah penting. Karena di era industri 4.0 dibutuhkan produktifitas dengan kreatifitas tinggi sehingga memiliki nilai jual. 

Dari dua pembicara yang sangat inspiratif tersebut, sudah seharusnya dari sekarang seluruh elemen masyarakat mempersiapkan diri menyongsong industri 4.0. Seperti yang dilakukan oleh STT Bandung mengadakan kegiatan SELISIK yang menyadarkan seluruh peserta yang hadir betapa pentingnya mengenal teknologi, dan mempersiapakan diri untuk menjadi sumber daya manusia yang mumpuni.


Melihat atusiasme peserta Selisik di STT Bandung, saya optimis Indonesia siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pemuda Indonesia siap menjadi sumber daya yang mumpuni menghadapi kemuajian teknologi. Seluruh rakyat Indonesia harus  mempersiapakan diri untuk eksis dalam Revolusi Industri 4.0 dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

#MakingIndonesia4.0
#Selisik
#STTBandung

sumber foto : WAG Joeragan Artikel

Belum ada Komentar untuk "Pemuda Indonesia Harus Siap Making Indonesia 4.0"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel