Anak Kecanduan Game, Bagaimana Atasinya


Media elektronik, internet, handphone,dengan segala fitur dan aksesnya sangatlah mudah dijangkau anak- anak. Banyak dampak dan pengaruh buruk yang diakibatkan dari kemajuan tehnologi dibidang komunikasi. Yang sering terjadi saat ini adalah kecanduan game pada anak.
Anak yang kecanduan gamecenderung tidak perduli dengan lingkungan sekitar, sulit bersosialisasi dengan teman seusia nya, terkikisnya rasa empati pada anak, sulit berkomunikasi dengan keluarga dan minat belajar anak menurun.
Banyak orang tua yang menyadari dampak dan pengaruh buruk media elektronik bagi anak.Namun banyak pula orangtua yang tidak mampu mencegah atau mengatasi nya.
Ada beberapa cara untuk mengatasi anak anak yang kecanduan game.
1. Alihkan Perhatian 
Berikan anak kegiatan yang menarik untuk mengalihkan perhatian. Fasilitasi anak anak dengan buku buku yang bergizi menarik minat membaca anak di sesuaikan dengan kebutuhan dan usia anak. 
Ciptakan suasana yang berbeda misalkan dengan berlibur bersama, memancing ikan bersama atau buat jadwal olahraga rutin bersama.

2.Batasi Anak Mengunakan Gadget 
Ketika anak bermain game dengan gadget hanya diwaktu waktu special bukan dalam waktu otoritas mereka. Misalkan di malam minggu atau setelah mereka mengerjakan PR.
Buat jadwal yang ketat dalam berinteraksi dengan gadget tidak lebih dari 1jam dalam 1 hari.
3. Cinta 
Cinta yang tulus dari orang tua akan berdampak positif terhadap prilaku anak. Komunikasi yag dibangun dengan cinta akan memudahkan anak membuka diri dalam interaksi degan orangtua. Beritahu sisi negatif dari game yang berlebihan. Diskusi dengan santai, tenang dan menyenangkan sehingga anak antusias berdiskusi menyampaikan pendapat mereka.
4. Motivasi
Berikan anak anak motivasi yang kuat untuk merubah prilaku yang kurang baik. Seorang anak yang memiliki motivasi yang kuat akan memiliki energi yang kuat pula dalam melakukan perubahan  dalam dirinya. Mereka akan merubah hal negatif mejadi positif sebesar motivasi yang mereka miliki.
5. Inspirasi 
Berikan kisah kisah yang menginspirasi anak. Karena kisah atau dongeng kadang kala lebih mengena dihati anak anak dan akan tersimpan dalam memory mereka selama nya. Kisah kisah orang yang sukses biasanya akan menginspirasi mereka.
6. Doa
Usaha yang tak boleh diabaikan oleh orangtua adalah doa. Karena doa adalah bagian penting untuk setiap usaha. Kesungguhan dan ketulusan orangtua dalam memohon pertolongan, penjagaan dan perlindungan dari Tuhan. Tuhan adalah yang menggenggam hati manusia, yang maha membolak bali kan hati manusia. Maka berdoa meminta anak anak dijauhkan dari dampak buruk yang ada sekeliling mereka adalah usaha terpenting. Sekuat apapun usaha kita ketika Tuhan belum mengizinkan perubahan makan setiap usaha hanya akan sia sia. Berdoa adalah usaha terpenting dan tidak boleh di abaikan.
Demikian beberapa cara yang semoga dapat bermanfaat, dalan menjadi salah satu saran yang bisa menjadi pertimbangan. Semoga kita mampu menjadi orangtua yang menjaga anak anak dari dampak buruk kemajuan tehnologi yang tak terkontrol.

#ODOP_6
#onedayonepost

    Belum ada Komentar untuk "Anak Kecanduan Game, Bagaimana Atasinya"

    Posting Komentar

    mohon komentar dengan bijak

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel