Kopdar Matrikulasi IIP Bacth 6 Sumatera 2 Chapter Lampung


 
Intitute Ibu Profesional
Saya ingin berbagi cerita bahagia, hari ini Ahad, 14 Oktober 2018 berkesempatan hadir di acara Kopdar Matrikulasi Institut Ibu Profesional  Batch 6 Sumatera 2 chapter Lampung. Kegiatan yang diadakan di Taman Edukasi Metro, tidak jauh dari rumah saya. Semangat sekali pagi ini saya melangkahkan kaki ke sana, berjumpa dengan orang-orang baru tentu juga dengan semangat baru. 

Tepat pukul 09.30 WIB saya sampai di lokasi kegiatan, sudah hadir disana Mbak Rochma sebagai fasilitator kelas Matrikulasi. Saya sendiri dulu waktu mengikuti matrikulasi IIP bacth 4 dan fasilitatornya juga mbak Rochma. Mbak Rochma sendiri selain bersama di IIP juga bareng di One Day One Posting bacth 6 ( ODOP).  
 
Ummu Arrahma dan Mbak Rochma
Kegiatan Kopdar ini bertujuan menjalin silaturahmi, bereknaalan langsung karena selama ini hanay berkomunikasi secara online di WAG kelas matrikulasi. Meskipun ini pertama kalinya jumpa, tak ada rasa canggung yang ada keakraban. Seperti sudah saling kenal lama dan baru jumpa kembali. Senyum bahagia, canda tawa, mewarnai kegiatan hari ini. 
 
Ummu Arrahma dan Mbak Yeni yang menjadi MC
Setelah semua peserta hadir, kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara yaitu Bunda Yeni seorang Ibu rumah tangga memiliki satu orang putra, pembawaanya yang supel sukses membuat acara hari ini terasa hidup. Meningkat acara selanjutanya adalah pembukaan oleh Bunda Ayas sebagai Observer di kelas Matrikulasi dan mewakili bunda Evi sebagai Koordinator Kota. Bunda Ayas berharap semua peserta matrikulasi setelah lulus dan menjadi member IIP tetap aktif dan memberi kontribusi positif bagi kegiatan IIP. 
 
Bunda Ayas ditemani Putrinya
Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan semua peserta yang hadir. Perkenalan ini tentu sangat dinantikan, karena memang semua baru berjumpa secara langsung hari ini. Apalagi saya yang tentu belum kenal sama sekali karena saya bukan peserta matrikulasi. Ternyata salah satu peserta dulu adalah anggota group tips nulis dan bisnis yang saya ampu bersama mbak lian. Perkenalan makin seru ketika di temani dengan hidangan yang dibawa oleh para peserta matrikulasi. Saya, yang enggak tahu kegiatannya seperti apa Cuma bawa badan saja, maafkan diriku ya bunda. 


Perkenalan pun ini ternyata diiringi kisah para peserta berjuang mendaftar kelas matrikulasi yang penuh drama. Memang banyak sekali yang ingin bergabung dengan komunita satu ini. Bagaimana tidak Institut Ibu Profesional mencetak ibu yang berkualitas, berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat. Ilmu yang didapatkan luar biasa jadi ya wajar kalau butuh perjuangan untuk bergabung. Sebelum resmi menjadi member IIP mereka harus melalui kelas matrikulasi, sehingga yang menjadi member IIP adalah Ibu yang memang siap untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu. 

Kelas matrikulasi ini dijalani selama 9 minggu dengan tema berbeda tiap minggunya. Dalam satu minggu peserta matrikulasi menerima materi, dan mengaplikasikannya serta membuat tugas dalam bentuk tulisan yang di posting di blog atau lagsung setor ke group. Adapun materi yang di pelajari di kelas Matrikulasi adalah :
1.      Adab Menuntut Ilmu
2.      Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga
3.      Membangun Peradaban Dari Dalam Rumah
4.      Mendidik Dengan Fitrah Berbasis Hati Nurani
5.      Ibu Manager Keluarga
6.      Belajar Bagaimana Caranya Belajar
7.      Rezeki Itu Pasti Kemuliaan Itu Harus Dicari
8.      Menemukan Misi Spesifik Hidup
9.      Ibu Sebagai Agen Perubahan.

Nah, dari materi di Matrikulasi saja demikian lengkap dan ilmunya daging banget. Semua Ibu yang ingin belajar menjadi ibu berkualitas dan menambah ilmu pasti tertarik bergabung di IIP.




Kembali cerita hari ini ya, setelah perkenalan yang seru dan kisah-kisah penuh drama masih ada kegiatan lain yang tak kalah seru. Kegiatan selanjutnya adalah membuat Busy Book. Apa ya kira-kira busy book? Itu lho buku yang terbuat dari kain flanel. Buku ini cocok buat anak balita dan pra sekolah. ini menjadi mainan edukatif yang sangat menarik buat anak-anak. 



Busy book dengan tema memancing  di mulai dengan membuat ombak dari kain flanel. Kemudian membuat ikan sesuai pola yang disiapkan oleh Bun,da Ruli sebagai pelatih dalam kegiatan ini. Karena beliau sudah ahli sekali membuat Busy book. Kemudian, membuat pancing yang dilengkapi dengan magnet yang fungsinya untuk kail. Karena mulut ikan menggunakan klip jadi ketika di pancing ikannya nempel di magnet pada ujung kail. Wah seru sekali ini, Hanifah pasti suka dapat oleh-oleh karya Ummi nya pula. 





Tak terasa hari pun menjelang siang, maka kegiatan dihentikan dulu. Semua peserta di persilahkan untuk makan siang dan solat dzuhur. Bergantian para peserta makan dan solat.Bertepatan dengan waktu istirahat datang Bunda Sasa, beliau adalah pengurus IIP sebagai fasil Jakarta 3. Pembawaan Bunda Sasa yang ceria menambah ramai suasana, bunda dengan dua buah hati ini sangat ceria lho. Semangatnya luar biasa hadir dari Bandar Lampung, karena menghadiri resepsi pernikahan kolega suami sehingga hadir telat. Tak apa meskipun telat tetap menjadikan suasana terasa luar biasa. 

Setelah selesai solat dan makan, kami kembali berkumpul. Acara selanjutnya adalah doorprize, dan ternyata doorprize yang disediakan ada 3 buku yang keren-keren. Ternyata belum rezekinya saya, belum mendapatkan doorprize. Tak apa namanya juga keberuntungan kan ya. Setelah sesi doorprize selesai, lanjut acara di tutup dengan doa yang dibawakan oleh Bunda Inta.


Kalau sudah kumpul rasanya tak lengkap kalau tidak foto-foto dong. Biasa Ibu zaman now. Kalau enggak foto nanti dikira hoax, begitukan jargon yang sedang ramai saat ini. Ah, sungguh bahagia itu sederhana bukan, memiliki teman yang satu tujuan untuk menjadi lebih baik itu membahagiakan. 


Setelah sesi foto-foto acara selesai, satu-persatu berpamitan. Meskipun berpisah namun hati kami terpaut dalam indahnya ukhuwah.semoga masih banyak kesempatan untuk kembali berjumpa. Semoga semua yang peserta matrikulasi lulus dan bergabung menjadi member IIP sehingga banyak kesempatan untuk belajar bersama.

43 Komentar untuk "Kopdar Matrikulasi IIP Bacth 6 Sumatera 2 Chapter Lampung"

  1. Masyaallah pasti seru banget ya, kebayang deh bisa gabung sama ibu2 profesional gitu ilmu pasti bernas semua.
    Mudah2n saya juga bisa ikut IIP ya umm, dari dulu cuma liat2 aja temen2 yg gabung, hihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah banyak banget manfaatnya mbak. semoga bacth selanjutnya bisa ikutan ya bunda.

      Hapus
  2. Seru habiss ya mb..bisa ikutan acara begitu. Apalagi mak-mak yang kegiatan sehari-hari di rumah, bisa ikutan.
    Wow..boleh nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak seru sekali, saya bersyukur bisa nyemplung disini.

      Hapus
  3. Wah pasti seru banget. Saya juga suka ikut acara begitu Mom. Kalau di Balikpapan saya ikut Komunitas Blogger Balikpapan.
    http://www.bombonasam.club
    http://www.borneoinlove.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak komunitas seru banyak ilmu, banyak manfaat dan jadi banyak ide untuk nulis mbak hehhehe

      Hapus
  4. Ternyata berat juga syaratnya sebelum masuk member IIP ya? Tapi sepadan pastinya karena banyak ilmu yang akan didapat. Apalagi kalau ada acara kopdar begini, tambah teman, tambah wawasan juga icip makanan...Senang deh!
    Semoga sukses dengan IIP nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak apalagi kalau dikejar tugas hectic tapi seru kok. yang pasti manfaat buat keluarga juga banyak banget. makasih mbak sudah mampir

      Hapus
  5. Barakallah, sukses ya Mbak dengan IIP nya ...

    BalasHapus
  6. Konsistensi kalimat perlu dijaga, pada judul ditulis Marukulasi, di dalam tulisan ditemukan kata Martikulasi fan Matrikulasi... yang nenar yang mana? dan apakah itu?.. juga ada beberapa typo... overall kisah ini sanhat menyenangkan dinikmati, lebih seperti laporan pandapandangan mata... tetapi asyik dan menarik. Ayo koreksi dulu artikelnya sblm di posting... salam literasi...oh iya tulisanya sangat menginspirasi dan memotivasi lho...

    BalasHapus
  7. Hahahaha makasih ya siap self editing

    BalasHapus
  8. Waaah bahagianya bisa ngumpul bareng teman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahagia mbak kenal yang baru dengan semangat baru yang lama jadi makin seru.

      Hapus
  9. seru banget acaranya, banyak ilmu yang didapat juga ya

    BalasHapus
  10. Kok asyik banget acaranya mba yg IIP ini. Jadi pengen ikutan nih seruuu. Makasih ya mba sharingnya.

    BalasHapus
  11. Waaah... pasti seru nich acaranya. Jadi pingin banget

    BalasHapus
  12. Waah...seru ya bisa ketemu & menimba ilmu yg kereen. Semoga sukses acaranya, tp galfok sama makanannya...hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda kalau ada acara emak-emak makanan gak ketinggalan dong hehhehe

      Hapus
  13. Pengin ikutan IIP tapi blm kesampaian. Seru banget mbakk😍

    _Mak Belalang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga bacth selanjutnya bisa ikut ya mbak

      Hapus
  14. IIP itu produktif dan kreatif banget ya emak2nya. Pernah ngisi acara bareng IIP Batam, ya kaya gini seru banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak rame, seru, semangat, banyak ilmunya.

      Hapus
  15. Luar biasa, senang aktivitasnya menyenangkan... semoga saya bisa seperti itu yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga bisa ikuta di bacth selanjutnya ya

      Hapus
  16. Wah, Seru banget kegiatannya,Ummi....

    BalasHapus
  17. Wah salam dari IIP surabaya mbak :) saya blom masuk bunsay, hihi. Semoga sukses IIP disana ya mbak :) seru kalo ada kopdar gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama diriku juga belum ikut bunsay kemarin masih hectic banget semoga desember bisa ikutan ya

      Hapus
  18. Wah, kalau sekedar iseng jangan harap bisa lolos masuk IIP ya, Mbak. Sepertinya memang yang serius betul-betul mau belajar. Eh itu materinya cakep-cakep banget. Emak-emak jaman now mah memang mesti rajin update ilmu, yes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya kelas bunsay saja remidi ini karena kemarin banyak amanah akhirnya tertinggal. semoga desember bisa serius ikut bunsay

      Hapus
  19. MasyaAllah, seneng sekli ada komunitas yang baik dan bermanfaat seperti IIP lucunya ketemu baru skrg ya.. Media sosial jamn skrg memang jadi media berkomunikasi dan membangun relasi yang memang sebaiknya positif, layaknya seperti berteman. Pingin nyobain bikin Busy Book��

    BalasHapus
  20. Suatu hari nanti, saya pengin juga gabung di IIP. Telat daftar terus, hehe.. Kegiatannya keren2 abiz, sih. Ibu2nya bener2 ditempa jadi profesional. Pantas jika Bunda Septi Peni sekarang terpilih mewakili Indonesia. Salut, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bacth selanjutnya tidak ketinggalan ya bunda

      Hapus
  21. seru ya mba, kalo kita bisa kumpul dengan ibu-ibu yang satu hobby dan visi misi. jadi saling support & menguatkan!

    BalasHapus
  22. Senangnya bergabung dalam komunitas yang positif kayak gini ya mba. Tambah saudara, tambah ilmu, tambah pinter.

    BalasHapus
  23. Pasti rame acaranya yaa... Seru ketemu ibu-ibu. . Karen abis... Bnyk Ilmu pastinya... Mupeng...

    BalasHapus
  24. Seru sekali acaranya, ya, Mbak..jadi pengen juga bisa ketemu dan dapat ilmu :)

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel