Mengajak Anak Makan Buah dan Sayur, Siapa Takut?




pixabay.com

Sebagai seorang ibu dari dua putri yang masih dalam masa pertumbuhan harus selalu menyediakan makanan yang bergizi untuk mendukung masa pertumbuhan anak. Sayang sekali anak-anak kadang sulit sekali makan sayuran. Mereka lebih suka menu instan, makanan frozen food yang selalu saya siapkan di kulkas. 

Salah juga sih selalu stok makanan fozen food di kulkas, seharusnya kulkas bebas dari bahan makanan tersebut. Kenyataanya tidak semudah teori dalam melaksanakannya lho, apalagi bagi saya sebagai ibu pekerja. Adakalanya tidak sempat memasak dengan menu lengkap sehingga nugget, sosis dan makanan instan jadi andalan. Meskipun demikian selalu saya siapkan semangkuk sayur bening yang sangat praktis untuk dimasak dengan cepat. Jadi meskipun lauknya nugget  tetap  ada sayur dan buah.
 
pixabay.com
Makanan-makanan frozen food  hanya ada dimeja makan di saat-saat tertentu kok. Meskipun ada mulut mungil yang kadang merengek manja enggak mau makan menu sehat yang tersedia di meja makan. Tantangan tersendiri nih buat saya kalau sudah ada yang manja-manja. 

Dulu saya galau banget nih menghadapi si bungsu yang susah makan sayuran. Tapi kalau sekarang sudah enggak lagi.  “Makan sayuran siapa takut” begitu jargonnya si kecil.  Saya punya tips nih biar si kecil suka makan sayuran :

      1. Buat Menu Bersama Anak
Sebagai ibu pekerja tentu enggak mudah juga kalau mau buat menu tiap hari, maka menu untuk setiap hari dibuat satu minggu sekali. Biasanya sabtu sore saya membuat menu untuk satu minggu kedepan. Biar menu menarik ajak anak-anak mengajukan menu kesukaan mereka. Setiap menu selalu ada menu sayuran dong.


      2. Ajak Anak Memilih Sayuran
pixabay.com

Setelah membuat menu di Sabtu sore, Minggu pagi adalah jadwal belanja aneka sayur, lauk dan buah untuk stok kulkas. Nah, momen yang pas buat mengenalkan anak-anak tentang berbagai macam sayuran nih. Mengajak anak berbelanja ke pasar adalah cara langsung mengenalkan mereka kepada aneka sayuran. Hal ini juga merangsang rasa ingin tahu anak baik manfaat sayuran maupun rasa sayuran tersebut.


      3. Memasak Sayuran Bersama
pixabay.com

Setelah belanja beraneka macam sayur, saatnya untuk memasak menjadi menu lezat. Ajak anak terlibat dalam mengolah sayuran tersebut. Menjadi pengalaman seru lho memasak bersama anak. Anak akan merasa tertarik mencicipin menu yang diolah bersama mereka. Belum lagi mereka akan paham memasak itu tidak mudah, sehingga bisa lebih menghargai bunda yang sudah memasak buat mereka. 

4. Makan Bersama
 
Makan bersama anak, akan membuat anak semangat dalam makan. Semua anggota keluarga terutama orang tua harus makan sayuran agar menjadi contoh bagi anak-anak. Bagaimana mungkin, anak mau makan sayur kalau orangtuanya saja malas makan sayuran.

5. Reward
Berikan pujian dan komentar positif yang memotivasi. Siapkan reward berupa hadiah yang menyenangkan hati mereka. misalkan memberikan snack kesukaan mereka atau membelikan sesuatu yang diinginkan.

       6. Kesepakatan Bersama
Setelah tips diatas dilakukan dan anak mau makan sayur, agar semangatnya tidak luntur sebaiknya membuat kesepakatan bersama. Misalkan jika anak-anak makan sayuran dan bekal sekolah habis di akhir pekan boleh main game di hari minggu, atau kesepakatan lainnya. Kalau saya membuat kesepakatan kalau bekal makan di sekolah habis pulang sekolah boleh jajan, tapi kalau tidak habis tidak ada jajan. Alhamdulillah kesepakatan ini sudah berjalan efektif sekali. 

Sayuran dan buah seharusnya menjadi makanan wajib yang tersedia di meja makan setiap keluarga. Ibu yang cerdas akan selalu memprioritaskan makanan sehat tersedia di meja makan, dan juga bekal sekolah anak-anak. Sayangnya, sekarang lebih memilih yang praktis dengan menu-menu junk food, frozen food, dan makanan cepat saji lainnya. 
  

Ada Apa Dalam Buah dan Sayur ? 
Pixabay.com

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi dan lengkap. kandungan nutrisi dalam sayur dan buah diantaranya karbohidrat, protein, lemak, aneka vitamin, mineral, dan juga serat.

Kandungan  nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan oleh tubuh karena menjaga metabolisme tubuh, memperlancar proses metabolisme, memperkuat jaringan organ tubuh, membentuk jaringan tubuh, menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit dan banyak lagi manfaatnya.

Namun, akan saya  sebutkan secara garis besar manfaat dari sayur dan buah bagi tubuh kita. Saya yakin kalau Ibu tahu banyaknya manfaat dari sayur dan buah bakalan jatuh cinta deh. Pasti rugi banget kalau enggak menyediakan keduanya di rumah untuk anggota keluarga.

Inilah manfaat Sayur dan buah bagi tubuh kita:


      1. Bergizi Rendah Lemak
Sayuran dan buah memiliki kandungan gizi dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Semua jenis sayuran mengandung kalsium, magnesium, kalium, zat besi, bata-karoten, vitamin B- kompleks, vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Meskipun demikian kandungan lemak dalam sayuran sangat rendah.


      2. Sumber Antioksidan Terbaik

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber  antioksidan terbaik dan tertinggi.  Antioksidan adalah zat yang berperan dalam melindungi daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga berfungsi mengurangi resiko kanker dan melindungi dari oksidan atau radikal bebas. Oksidan bersifat merusak sel sehat dan bisa berakibat timbulnya penyakit berat seperti kanker dan kelainan jantung.
Dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan  yang teratur bisa mencegah dari berbagai penyakit berat.


      3. Tinggi Serat 
pixabay.com

Sayuran dan buah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, serat ini sangat di butuhkan oleh tubuh. Manfaat serat bagi tubuh diantaranya menyerap kelebihan usus dalam usus besar, mempertahankan kelembaban kotoran sehigga memudahkan ketika mengeluarkan faeces dari tubuh. Sehingga serat mencegah dari kanker usus, sembelit, wasir, dan fisura.

       4. Mencegah Obesitas
pixabay.com

Sayuran dan buah memiliki kandungan rendah lemak dan rendah kalori. Kita tahu bukan kalau kedua zat tersebut adalah salah satu pencetus obesitas atau kegemukan. Karena sayuran dan buah  memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah sehingga tidak menyebabkan obesitas. Sayuran dan buah  yang memiliki kandungan gizi yang tingga namun rendah kalori membantu tubuh untuk selalu segar dan sehat. Konsumsi sayuran membuat badan sehat bebas obesitas.

      5.  Membuat Cantik 

Konsumsi sayuran dan buah bukan hanya membuat sehat, tetapi bisa membuat ibu semakin cantik dan awet muda. Pasti ibu-ibu semangat dong kalau bikin cantik, apalagi cukup dengan konsumsi sayuran dan buah  yang mudah dan murah. Sayuran yang mengandung aneka vitamin dimana kandungan viitamin ini jauh lebih baik dibandingkan suplemen vitamin yang diproduksi pabrik. Vitamin alami ini meningkatkan sirkulasi darah dan sel-sel darah menjadi sehat. sehingga tubuh menjadi sehat, kulit menjadi bersih, mata cerah, rambut sehat, dan gigi yang kuat.  Tampak sehat, cantik dan awet muda.

Nah, luar biasa bukan manfaat sayuran dan buah  bagi tubuh kita. Oleh karena itu jangan lupa menyediakan menu dengan sayuran dan buah sebagai pendamping hidup sehat bagi seluruh anggota keluarga. 


#cappanahmerah
#gobion2018
#generasimakansayurdanbuah

Tulisan ini di ikut sertakan dalam kompetisi berbagi informasi nutrisi bersama Bion.

Referensi:
http://www.hallodoc.com
http://www.hallosehat.com

sumber foto
Pixabay.com
milik pribadi

15 Komentar untuk "Mengajak Anak Makan Buah dan Sayur, Siapa Takut?"

  1. Makasih info dan sharingnya mbak. Memang tidak mudah membuat anak suka dan mau makan sayur dan buah, tapi saya berusaha menyajikannya walaupun mereka hanya sedikit mencobanya. Sambil sesekali saya juga menerangkan manfaat nya.Nanti saya akan coba deh tipsnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tantangan tersendiri bagi orangtuaku memang. Terimakasih mbak sudah mampir meninggal kan jejak

      Hapus
  2. Setuju dengan cara dan tipsnya Mbak..
    Saya termasuk berhasil mengenalkan buah dan sayur ke anak, terutama karena saya sekeluarga selalu makan bersama paling tidak saat sarapan dan makan malam.
    Dan Alhamdulillah meski aku pemilih makanan (hiks) dapat suami yang makan apa saja ayo saja. Jadi anak-anak lihat Bapaknya..Akhirnya hampir semua buah dan sayur, baik yang diolah maupun mentah mau makannya

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, saat ini saya lagi menggiatkan diri makan sayur. Anak2 yg mulanya enggan, juga mulai ikut-ikutan.

    BalasHapus
  4. Tipsnya oke mbak. Aku juga menerapkan hal yang sama nih ke Aira. Alhamdulillah dia ga picky lagi dengan sayuran.

    BalasHapus
  5. saya doyan banget sayuran mba, tapi anak anak, hu..hu.. susah banget, pada nggak mau..
    makasih tipsnya ya,mbak cusss praktek deh

    BalasHapus
  6. Saya dulu pemperkenalkan sayur & buah pd anak2 sejak kecil. Klo susah bisa saya jadikan kue, puding atau apapun bentuknya. Alhamdulillah cukup berhasil.

    BalasHapus
  7. Lha ini anakku yang mbarep susah banget disuruh makan sayur,beda sm yg kecil. Aku coba deh tips2nya. Thanks ya Mbak

    BalasHapus
  8. Yup setuju banget. Semua nutrisi tersebut harus ada dalam tubuh supaya sehat dan kuat. Prinsipnya adalah gizi seimbang.

    BalasHapus
  9. PR banget, nih. Karena anak saya masih moody banget ama sayuran. Oke, tipsnya siap untuk diadopsi. Thanks, mbak.

    BalasHapus
  10. Akhir² ini saya berdua suami sarapan buah potong dikasih toping yogurt. Dulu sih zaman anak² kecil mereka sukanya sayur sop. Kurang suka tumis. Yawda...pokoknya masuk sayuran...

    BalasHapus
  11. Anak saya Erysha dari mpasi udah dikenalkan dengan sayuran dan buah. Allhamdulillah sampai sekarang masih mau makan sayuran dan buah setiap harinya. Tetapi tetep ya dia lebih suka daging-dagingan daripada sayuran hihihi

    BalasHapus
  12. Anakku yg gede paling susah makan sayur ni mba. Sampe-sampe aku iming-imingi sesuatu baru mau. Padahal semua cara sdh dipakai dr yang halus, sugestif, sampe ancam mengancam hahahaha.. skrg udah lumayan mau makan meski masi pilih-pilih

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, anak-anak di rumah sudah terbiasa makan sayuran. Duh, tanpa sayuran tuh hidup nggak sehat. Adaaa aja masalah dengan pencernaan. Kan jadi nggak enak, ya.

    BalasHapus
  14. Makasih ya Mba tipsnya, Kalo keponakan Saya Alhamdulillah suka sayur Dan buah. Dari bayi cemilan ya brokoli arau wortel rebus😍

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel