Penyebab Orang Terlilit Utang.



Emak, efek orang yang terlilit utang sangat banyak. Tak jarang, ada yang sakit karena memikirkan utangnya yang banyak. Bahkan, ada yang kabur, depresi atau malah bunuh diri karena putus asa tak mampu membayar utang. Naudzubilah, jangan sampai ya Mak, terlilit utang.
Banyak penyebab orang sampai memiliki utang yang menggunung hingga sulit untuk melunasinya. Berikut, beberapa penyebab utang:

1.      Utang warisan
Biasanya, orang yang meninggal itu mewariskan harta. Namun, ada juga yang meninggalkan utang yang harus dilunasi anggota keluarganya.Misalkan saja utang untuk berobat selama almarhum sakit atau kartu kredit yang digunakan tanpa terkontrol. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan diri dari utang agar ketika meninggal tidak menyusahkan orang yang ditinggalkan. Bukan begitu, Mak?

2.      Usaha gulung tikar
Seorang pengusaha biasanya meminjam modal yang besar kepada pihak ketiga. Bisa kepada bank, koperasi, atau perseorangan. Semakin besar usahanya, maka modalnya pun semakin besar dan bisa jadi utangnya juga semakin banyak. Ketika usaha tersebut mengalami kegagalan atau gulung tikar, utang tetap harus dibayarkan. Bayangkan imbasnya jika pengusaha tak sanggup membayar hutang yang terlalu banyak. Belum lagi jika hutang kepada bank dan koperasi dengan bunga yang tinggi.

3.      Tertimpa musibah
Tidak ada yang berharap mendapatkan musibah, tapi namanya takdir siapa yang tahu kan, Mak? Musibah bisa menjadi penyebab menumpuknya utang. Misalnya, saja kepala keluarga sebagai tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan. Akibat dari kecelakaan tersebut, tentu membutuhkan perawatan yang lama sehingga kepala keluarga tidak mampu lagi mencari nafkah. Akhirnya, anggota keluarga harus berutang kepada sanak saudara ataupun orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta membayar biaya pengobatan. . Ketika kebutuhan semakin mendesak, utang pun menjadi solusi

4.      Manajeman keuangan yang buruk
Sebagai pengelola keuangan rumah tangga, Emak pasti mempunyai manajemen keuangan sendiri. Emak harus dapat memilah kebutuhan sesuai prioritas dan kondisi keuangan. Namun, ada juga yang tak cakap mengatur keuangan rumah tangga. . Ketika memiliki banyak uang, kehidupannya sangat boros. Akibatnya, ketika uangnya habis maka kemudian berutang sana sini. Sehinggga besar pengeluaran dari pada pemasukan, jika kondisi ini terus berlangsung maka tidak mungkin utang akan menumpuk dan tak sanggup membayarkan.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Orang Terlilit Utang. "

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel