Angka Diabetes Akan Terus Meningkat


Peresmian Persadia RSI Asyifa

Penderita diabetes setiap tahunnya bertambah dengan peningkatan yang sangat signifikan. Bisa dikatakan penyakit yang tenar di dunia, sedang naik daun begitulah. Sehingga setiap menyebut nama penyakit ini rasanya ada sensasi horor. 

Menurut hasil penelitian Riskesdas ( Riset Kesehatan Dasar) dari Kementrian Kesehatan  Indonesia pada tahun 2013 ada sekitar 12 juta penduduk Indonesia menderita Diabetes. Angka tersebut akan terus naik. 

Diabetes adalah penyakit yang bisa dikatakan pembunuh berdarah dingin. Karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan adalah menjaga kadar gula darah agar stabil, itupun harus di barengi dengan mengatur pola makan dan pola hidup. Penyakit diabetes yang sudah lama akan terjadi komplikasi di berbagai organ tubuh. 

Angka diabetes yang terus meningkat menjadi beban negara, belum lagi jika yang menderita diabetes adalah orang-orang dengan usia produktif. Maka sudah beban negara mengobati warganya yang sakit bertambah dilengkapi yang sakit adalah usia yang harusnya masih bisa bekerja memajukan negeri.
Penyakit diabetes saat ini banyak diakibatakan oleh pola hidup yang tiak sehat, pola makan yang berlebihan dan olahraga yang ditinggalkan. Semua aktivitas dipermudah, serba menggunakan mesin, jalan kaki pun jarang, belum lagi cemilan selalu tersedia. Pola aktifitas berkurang, tetapi pola makan semakin tak terkendali. 

Energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas tertimbun dalam tubuh, akhirnya terjadilah obesitas. Berawal dari obesitas angka diabetes meningkat. Jika diabetes sudah bersarang di dalam tubuh, masih tidak perduli dengan pola hidup sehat maka terjadilah komplikasi dalam tubuh. Ini yang akan berakibat kondisi semakin buruk. 

Kesadaran akan pola hidup sehat, pola makan seimbang. ini harus menjadi salah satu focus utama dalam membangun kesehatan. Hal ini sangat penting, edukasi tentang diabetes dan pencegahannya sangat penting karena ini akan mempengaruhi beban negara. Diabetes bukan penyakit horor ketika menerapkan pola hidup sehat, pola makan seimbang, dan olah raga teratur.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel