Bersahabat Dengan JNE Untuk Belanja Buku Online


Sebagai orang yang hobi baca buku, saya mudah sekali terpesona dengan iklan buku online yang berseliweran di timeline media sosia baik facebook, instagram atau media sosial lainnya. Godaan ketika membuka media sosial ya iklan buku-buku keren, apalagi kalau baca resensi yang bagus asli deh bikin khilaf. 

Apalagi saat ini saya sedang gencar menulis resensi buku di blog pribadi saya. Jadi wajar kalau setiap bulan saya pasti punya nggaran untuk belanja buku. Kalau resensi kan sebaiknya buku baru yang masih fresh from the oven gitu deh. Jadi bukunya masih hangat dan tentu yang baca resensi saya pada kepo ingin punya bukunya juga. 

Untungnya di Metro ini enggak ada toko buku besar yang menjual buku-buku terbaru dengan lengkap. Kalau mau beli buku harus ke Bandar Lampung yang jaraknya lumayan jauh. Selain jauh yang jadi kendala adalah ongkos perjalanan ke Bandar Lampung enggak sebanding dengan harga bukunya. Belum lagi waktu berjam-jam yang harus dihabiskan berjam-jam menuju ke sana. 

Demi menuntaskan keinginan memiliki buku-buku yang menggoda, belanja buku online menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. Kalau berkaitan dengan belanja Online tentu saja melalui jasa pengiriman barang atau kurir. Sekarang memang banyak sekali jasa kirim barang, kalau dulu cuma POS. 

Namanya zaman now gitu ya, semakin banyak dong orang kreatif dan inovatif. Berkembangnya dunia online shop, maka banyak pula sarana jasa pengiriman barang dfngan berbagai promosi. Persaingan jasa kurir ini memang ketat dari harga ongkir, pelayanan yang prima, keramahan para kurir semuanya bersaing deh. 

Saya sendiri lebih sering mengikuti pilihan penjual buku, karena mereka biasanya sudah bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman barang. Saya perhatikan sih yang sering di gunakan oleh para langganan saya beli buku itu JNE. Selama ini saya jarang sekali menemukan  kerusakan pada paket-paket yang saya terima. Jarang ya, bukan berarti tidak pernah menerima yang rusak. 

JNE adalah salah satu jasa pengiriman barang yang lumayan terkenal, sering di pakai berbagai online shop. Beberapa kali saya mengirimkan surat berharga, seperti STNK, ijazah, SIM, sampai ke tujuan dengan aman. Waktu pengiriman relatif tepat waktu, kecuali pada momen tertentu misalkan menjelang hari raya. 

Namun, saya juga pernah protes ke JNE, karena Paket yang di kirim ke instansi tempat saya bekerja ketika saya terima dala kondisi rusak. Barang tersebut adalah kiriman dari konsumen yang ingin menggunakan jasa saya sebagai blogger. Iya barang tersebut adalah produk buzzer.

Sedih banget dan kecewa berat tentunya. Bagaimana bisa barang yang dipacking rapi bisa rusak. Sampai saya tidak berani membuka paket tersebut, karena takut kehilangan bukti kalau paket rusak. Tapi, saya tidak bisa menyalahkan pihak JNE karena posisi paket di terima oleh karyawan lain. Bisa jadikan paket saya rusak karena ada pihak yang kepo dengan paket tersebut. 

Akhirnya saya mendatangi kantor JNE, petugas nya ramah menerima saya. Ketika saya sampaikan saya menerima paket dala kondisi rusak. Petugas tersebut terkejut, dan minta izin untuk membuka paket tersebut. Tujuan beliau untuk mengetahui apakah isinya rusak? Ternyata isi dala paket tidak rusak. Kemudian beliau bertanya apakah mereka harus mengganti rugi kerusakan? 

Tujuan saya datang ke JNE bukan untuk meminta ganti rugi, tapi minta untuk lebih berhati-hati. Kalau bisa lain waktu konfirmasi jika melakukan pengiriman barang. Petugastersebut justru menawarkan solusi agara barang kiriman di alamatkan ke kantor JNE saja. Jadi nanti mereka akan telpon dan saya ambil paket agar setiap paket aman. 

Akhirnya saya terima saran tersebut, setiap paket yang berpotensi rusak seperti buku, produk kosmetik, barang pecah belah, pasti saya alamatkan ke kantor JNE. Ketika barang datang saya ditelpon, sepulang kerja baru deh saya ambil. Senangnya barang aman bebas dari netizen yang suka julid. 

Prinsipnya kalau saya enggak puas akan saya sampaikan ke kantor dengan bahasa yang baik. Bukan protes sama kurir apalagi marah-marah enggak jelas. Kalau kita komunikasi baik-baik pasti di kasih solusi yang baik. Kita nyaman Abang kurir juga baik sama kita. Bersahabat dengan jasa pengiriman barang itu bikin happy.
#ODOP_6
#NonFiksi
#ReviewJasa

12 Komentar untuk "Bersahabat Dengan JNE Untuk Belanja Buku Online"

  1. JNE emang oke kok mbak.. Banyak tepat waktunya drpd enggaknyaa..

    BalasHapus
  2. JNE emang oke kok mbak.. Banyak tepat waktunya drpd enggaknyaa..

    BalasHapus
  3. Setuju mba protes sama manajemennya bukan dengan petugasnya.

    BalasHapus
  4. Aku pun kalo belanja online, meski banyak pilihan kurir, selalu pilih JNE

    BalasHapus
  5. Mantep banget pokoknya mi. Dulu juga sering pakai jne buat beli buku dan barang2 online shop lainnya

    BalasHapus
  6. Tindakan bijak untuk menyelesaikan masalah. Membangun komunikasi

    BalasHapus
  7. Saya juga sering pakai JNE kalau belanja ONLINE. Apa lagi kirim dokumen cepat sampainya. Apalagi ada SMS Pemberitahuan status terkirim. Enak dah pokoknya

    BalasHapus
  8. JNE ini masih jadi andalan banget buat ngirim. Tepat waktu dan laporannya langsung ketauan karena dikirim via SMS langsung. Great review

    BalasHapus
  9. Aku pun. Memfavoritkan JNE, udah bertahun2 dan udah langganan

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel