Empat Alasan Menulis Resensi Buku





Resensi adalah penilaian terhadap sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa buku, film, dan juga drama. Menulis resensi dilakukan oleh orang-orang yang memiliki hobi mengamati karya dengan detil sehingga dapat memberikan penilaian secara objektif. 

Saya sendiri memiliki hobi membaca buku, awalany tidak tertarik untuk meresensi buku. Setiap buku yang sudah saya baca ya disimpan di lemari. Seiring berjalannya waktu, belanja buku melalui online menjadi pilihan baru. Sayangnya beberapa kali saya kecewa ketika buku yang dibeli tidak sesuai dengan harapan saya. 

Bermula dari kekecewaan, saya coba membaca resensi buku yang ingin saya beli.melalui media online. Ternyata setelah saya membaca resensi buku, saya bisa menentukan mana buku yang sesuai dengan keinginan  dan kebutuhan saya. Kecewa karena salah membeli buku pun tak pernah terjadi lagi. 

Melihat banyaknya buku yang saya baca, terbersit ide untuk menulis resensi buku. Namun, ilmu saya dalam menulis resensi masih nol. Akhirnya memberanikan diri mengikuti training online di Joeragan Artikel bersama mbak Zulnizar Emhar CH. Setelah selesai training semakin mantap untuk menulis resensi buku di blog. 

Sebenarnya selain menulis resensi buku di blog saya juga ingin mengirimkan ke media cetak. Sayangnya, untuk mengirim ke media cetak harus buku terbaru, resiko tinggal di daerah sulit untuk akses ke toko buku yang menjual buku-buku baru. Saya memiliki empat alasan memilih focus menulis resensi buku, ini dia alasan tersebut:
 
1.      Berbagi Informasi
Manusia itu mahluk sosial jadi keinginan untuk berbagi itu selalu ada. Demikian juga dengan saya, berbagi itu membuat hidup bahagia. Berbagi dalam berbagia hal tentunya. Menulis resensi buku merupakan saran bebgai informasi tentang buku yang saya baca. Saya ingin orang lain tahu bahwa buku yang saya baca beisi tentang hal yang baik, dan recomended untuk dibaca oleh siapa.

2.      Penilaian Terhadap Buku
Sesuai dengan definisi resensi adalah penilaian terhadap sebuah karya. Jadi menulis resensi adalah cara saya memberikan penilaian terhadap buku yang saya baca. Penilaian yang saya berikan tentu harus objektif. Jika tulisan dalam buku tersebut baik maka tulis kan dengan baik. Demikian juga juka banyak kritik dan saran maka saya akan menulis dengan bahasa yang santun.

3.      Merekomendasikan Buku Untuk di Beli
Menulis resensi sebenarnya lebih kepada mengajak orang lain untuk membaca buku yang sama. Rekomendasi ini sangat bermanfaat, jika resensi di muat di media cetak dan buku tersebut laris manis, biasanya dari penerbit akan mengirimkan buku terbaru untuk diresensi juga.

4.      Honor
Salah satu keuntungan menulis resensi buku adalah honor, iya bagi mereka yang rajin menulis resensi buku ke media cetak dan di muat maka akan mendapatkan honor. Wah honornya enggak sedikit lo, lumayan bisa untuk beli bebeapa buku baru. sala seorang teman berkata: “Beli buku harus menjadi uang, caranya dengan resensi.” Jadi beli buku itu modal dan mendapat keuntungan dengan honor. Wih seru kan, semoga saya suatu hari nanti dapat kiriman honor dari nulis resensi buku. Aamiin.

Nah, itulah keempat alasan saya menulis resensi buku. Semoga tulisan ini menginspirasi teman-teman yang hobi membaca buku untuk membagikan informasi melalui resensi bukunya. 

Happy reading, happy writing

#ODOP_6
#NonFiksi

14 Komentar untuk "Empat Alasan Menulis Resensi Buku "

  1. Iya saja juga pernah kecewa setelah membeli buku. Melihat judulnya tertarik. Ulasan di sampul belakang juga kelihatannya menarik tetapi setelah dibeli kok tidak sesuai dengan harapan. Nah baru terpikir setelah baca tulisan mbak ika. Inspiratif mbak. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ibu semoga bermanfaat setiap tulisan kita aamiin

      Hapus
  2. Aku sukanya nonton film, jadi lebih suka resensi film ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke juga mbak aku jauh dari bioskop jadi enggak bisa nonton hehheeh

      Hapus
  3. Semangat Mbak Ummu, semoga Allah SWT mudahkan Mbak jadi peresensi yang handal! 😆😊

    BalasHapus
  4. Harus belajar review buku 😀😀

    BalasHapus
  5. Well noted, Mbak. Senang bisa baca ilmu dari sini. Sukses selalu yaa

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel