Meneladani Kisah Anak Yatim



Judul buku     : Mereka Yatim Tapi Menjadi Orang Besar
Penulis           : Dr. Abdullah Al-Luhaidan
                         Dr. Abdullah Al-Muthawwi’
Tahun Terbit   :  2013
Penerbit       : Kiswah Media
Jumlah halaman : 128 hlm
ISBN           : 978-602-9176-35-3

Anak yatim adalah anak yang kehilangan Ayahnya sebelum mancapai masa baligh atau malah belum dilahirkan dalam arti masih dalam kandungan. Dalam Islam sendiri anak yatim memiliki porsi tersendiri yang sangat menjaga hak-hak mereka. hal tersebut jelas terdapat dalam al-qur’an.

Jaminan Islam kepada anak yatim untuk mendapatkan hak-haknya sudah jelas tercantum dalam alquran:

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala(neraka).” (An-Nisa’[4]:10)

Bukti yang paling menonjol dapat dilihat dari perintah dan penegasan Islam untuk memperhatikan dan menyayangi anak yatim, agar ia tidak merasa kekurangan dibandingkan anak-anak lain di dalam masyarakat. Karena jika mereka merasakan itu, ia akan hancur dan menjadi sosok pribadi yang keropos di dalam masyarakat Islam. (hal.29)

Anak yatim membutuhkan perhatian bukan hanya dalam hal materi namun juga secara psikologis. Hal ini tentu sangat penting agar mereka menjadi pribadi yang tangguh, kokoh, mandiri, dan sukses di kemudian hari. Motivasi, nasehat dan juga dukungan sangat dibutuhkan oleh anak yatim.

Anak yatim, kekurangan kasih sayang dari orang tua, karena kepergian sang ayah maka tanggung jawab mencari nafkah jatuh kepada ibu. Wajar saja jika mereka merasa kekurangan kasih sayang dibandingkan mereka yang memiliki orang tua lengkap. Perhatian dan kasih sayang dari orang-orang disekitar akan sangat membantu tumbuh kembang anak.

Seorang anak yatim memiliki tanggung jawab sejak kecil, sering melakukan pekerjaan yang tidak dilakukan oleh anak-anak lainnya dan ini memberikan kelebihan yang tidak dimiliki anak lain yang belum terbiasa mengemban tanggung jawab di masa kecilnya.(hal.49)

Buku Mereka Yatim Tapi Jadi Orang Besar yang ditulis oleh Dr. Abdullah Al-Luhaidan dan Dr. Abdullah Al-Muthawwi’ menjelaskan anak yatim adalah anak luar biasa. Menjelaskan secara detil tentang jaminan dan hak anak yatim menurut Islam.  Banyak nasehat bagi anak yatim yang memiliki potensi menjadi besar. Pahitnya kehidupan, tugas dan tanggung jawab berat yang kadang membuat mereka lelah justru menjadi pengalaman yang akan membuat mereka tangguh.

Dalam buku ini sangat menginspirasi karena ada 20 biografi anak yatim yang menjadi ulama besar saat dewasa. Biografi ditulis secara singkat namun menceritakan perjuangan yang tidak mudah untuk menjadi orang yang besar. Di tulis dalam bahasa yang ringan dan inspiratif sehingga menjadi motivator bagi anak yatim.

Membaca buku ini sangat mudah dipahami ditambah dalil dan dasar hukum yang jelas dalam setiap menguraikan hukum islam. Sehingga membuat pembaca mengerti dasar hukumnya tanpa perlu mencari dari al-Qur’an atau sumber lain. Bahasa sangat simpel mudah dicari insisari dari ceritanya. Sangat di rekomedasikan bagi anak yatim untuk membaca buku ini, agar mereka optimis menjalai kehidupan. Setiap ujian akan berakhir dengan indah.

#ODOP_6
#NonFiksi

18 Komentar untuk "Meneladani Kisah Anak Yatim "

  1. Terima kasih reviewnya mba ika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama terimakasih mbak sudah berkunjung

      Hapus
  2. Setuju Bun, dukungan psikologis juga sangat penting buat anak yatim, biar menjadi anak yang PEDE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saya bisa menjadikan kedua anak yatim ku menjadi orang yg berilmu dan bermanfaat aamiin.
      Mohon doa ya mbak

      Hapus
  3. Senangnya.. bisa buat belajar review buku besok 🤗

    BalasHapus
  4. Dalam islam anak yatim mendapat perhatian yang luar biasa. Rasululloh adalah anak yatim juga. Semoga nanti berkesempatan membeli bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih Bu, iya ini beli buku buat dibaca saya dan anak-anak biar mereka termotivasi. Doakan ya Bu bisa mendidik dua anak yatim ku menjadi anak Solihah aamiin

      Hapus
  5. Balasan
    1. Sama-sama terimakasih sudah mampir mbak😍😍

      Hapus
  6. Tertarik dengan kisah2 para salihin yang ternyata anak yatim ya, Mbak. Makasih untuk sharingnya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama makasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 😍😍😍

      Hapus
  7. Wah bukunya udah lama ya ummi? Masih ada ngga ya di toko buku. Disini susah cari buku seperti ini :')

    MasyaAllah ya ummi, bagaimana Allah mengistimewakan anak yatim. Bagaiamana anaka yatim bisa belajar berani tanpa ayah, luar biasa sekali. apalagi bisa menjadi ulama.
    Tentu dibelakangi dengan ibu yang luar biasa menopang mereka. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak untuk 30 hari ini yg saya resensi buku lama soalnya enggak bisa tiap hari baca buku. Jadi buku yg sudah saya baca.

      Ini juga enggak sengaja Nemu di toko buku kok menarik jadi langsung bungkus. Buat motivasi anak anak

      Hapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel