Ngeblog Berawal Nekat Menjadi Candu Berat



Ngeblog bagi saya itu asik, seru dan menyenangkan. Mengawali ngeblog tahun 2016 dengan nekad tanpa ilmu dan tahu manfaat blog itu apa. Saya benar-benar awam dengan dunia blogging. Kala itu, hanya berfikir sebagai saran untuk belajar nulis. Bahkan, membuat blog saja dengan membaca tutorial dari google dan melihat youtube. 

Niat yang awalanya nekat ini ternyata menjadi candu bagi saya. Kenekatan yang pertama adalah membuat blog tanpa ilmu. Ternyata masih berlanjut dengan episode nekat ke dua yaitu bergabung dengan komunitas blogger. Bukan karean percaya diri sih, tapi karena kepo yang luar biasa. Iyes, kepo banget tentang apasih blog itu?  Apa sih yang ditulis di blog? 

kala itu komunitas yang saya kepoin adalah komunitas Blogger Perempuan. Kenapa? Ya karena saya perempuan, dan lebih nyaman belajar dari sesama perempuan.  Benar saja, banyak sekali menimba ilmu dengan membaca blog teman-teman yang sudah senior. Makin semangat dong saya, meskipun blog saya masih kosong. 

Seiring berjalannya waktu, tidak terasa sudah dua tahun saya ngeblog. Meskipun, saya sadari blognya masih begitu-begitu saja. Belum konsisten menulis karena lebih sering moody. Beberapa bulan ini mulai memaksakan diri untuk rutin menulis blog, blog walking, dan diskusi dengan teman-teman blogger senior. Sehingga semangat ngeblog kembali stabil enggak pakai moody tapi harus dipaksa. Setelah hampir 3 bulan memaksakan manajeman diri untuk serius ngeblog, akhirnya jadi candu tersendiri bagi saya.
Alasan saya untuk manajeman diri untuk ngeblog dengan lebih baik dan istiqomah adalah: 

1.      Belajar Menulis
Nulis di blog seperti niat awal adalah sebagai sarana belajar menulis. Hal ini hingga sekarang blog adalah tempat saya untuk terus menulis, menulis, dan menulis. Rekam jejak menulis saya terlihat jelas dari tulisan awal dalam blog hingga akhir. Jika saya membaca zaman dulu awal-awal ngeblog suka ketawa. Iya, karena itu tulisan awal-awal saya terjun kedunia menulis yang tentu masih kacau balau.

2.      Belajar Hal Baru
Mengawali diri ngeblog dengan kenekatan tentu saja membuat diri saya yang buta ilmu tentang blogging harus jatuh bangun belajar. Awalnya saja tentang memilih tamplate saja enggak ngerti, mengatur tata letak enggak paham, menulis profil apalagi. Duh, beneran ya malu-maluin. Kenekatan selanjutanya adalah belajar dengan semua orang, jangan malu bertanya. Barulah mengenal pernak-penik blogspot, mengenal domain, dan belajar google adsense. Nah, semakin kecanduan deh asiknya ngeblog.

3.      Berbagi Informasi Dan Inspirasi
Ngeblog selain belajar menulis juga menjadi sarana untuk berbuat kebaikan, mengumpulkan pundi-pundi pahala dari aksara. Karena saya menulis bertujuan berbagi informasi yang positif serta inspirasi mengajak orang berbuat kebaikan. Terus berusaha setiap tulisan saya memiliki efek positif bagi orang lain. Bukan hanya tentang curhatan atau berita hoax.

4.      Aktualisasi Diri
Ngeblog adalah salah satu sarana bagi saya untuk aktualisasi diiri, diakui oleh orang lain bahwa saya adalah penulis dan blogger. Bagaimana orang akan percaya jika saya seorang penulis dan blogger jika mereka saja tidak pernah membaca tulisan saya baik buku maupun dalam blog.  Jadi setiap tulisan adalah bukti nyata aktulisasi diri di dunia menulis dan blogging.

5.      Tambah Teman Tambah Ilmu
Ngeblog enggak hanya menjadi media belajar lo, tetapi juga salah satu saran menjalin silaturahmi. Perjalanan ngeblog membuat saya semakin berani untuk bergabung dengan banyak komunitas blogger. Termasuk komunitas blogger di daerah saya yaitu Lampung. Di Lampung memiliki beberapa komunitas blogger, tapi saya hanya mengikuti satu komunitas yang memang bikin saya nyaman. Saya bergabung dengan Tapis Blogger Agustus 2017. Selama satu tahun saya bergabung banyak banget ilmu yang saya dapat. Teman-teman di komunitasyang rata-rata blogger senior tidak pernah pelit ilmu. Bahkan selalu mengajak untuk konsisten ngeblog, memberi tips-tips tetang blogging.  Ngeblog menjadi sarana saya belajar ilmu baru dari teman-teman baru.

6.      Menghasilkan Uang
Uang adalah salah satu alasan yang membuat orang sulit untuk berpaling. Yes, sebagai manusia biasa saya juga tergiur dong kalau menghasilkan uang. Nah, ngeblog juga bisa menjadi jalan menghasilkan uang dengan cara yang halal tentunya. Banyak cara mendapatkan uang melalui blogging. Saya sendiri mendapatkan uang dari beberapa job. Belum banyak sih, masih recehan tapi tentu menjadi penyemangat tersendiri.
Nah, itulah sedikit cerita saya tentang perjalan ngeblog saya yang tentunya unik berawal dari nekad dan berakhir dengan kecanduan.

Happy blogging deh buat semua....
#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#Day1

Belum ada Komentar untuk "Ngeblog Berawal Nekat Menjadi Candu Berat"

Posting Komentar

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel