Sehat di Awali Dengan Memanfaatkan Sampah


Praktek membuat ecobrick bersama Ibu profesional 

"Ummi, kalau belanja jangan pakai keresek lagi ya, soalnya keresek itu tidak terurai oleh binatang sekalipun dalam jangka waktu seratus tahun. Jadi kalau kita menggunakan keresek setiap hari bakal penuh plastik dong dunia ini.” kata mbak Rahma sepulang sekolah.

Bagi saya pesan anak saya ini sangat berharga sekali.Keperdulian nya terhadap lingkungan sudah mulai tumbuh. Berarti ketiga guru di sekolah menerangkan dia memperhatikan dan menanamkan pemaha yang benar di otaknya.  Keperdulian nya terhadap lingkungan ini juga di buktikan dengan pilihannya bergabung dengan teman-temannya menjadi Polisi Sampah Sekolah. 

Word Economic Forum pada tahun 2016 menyatakan ada lebih dari 150 juta ton plastik di samudra planet ini. Tiap tahun, 8 juta ton plastik mengalir ke laut. Itu data yang ada di Samudra, bagaimana ya ada di daratan? karena pengguna plastik adalah manusia.  Manusia setiap hari menghasilkan sampah plastik terus menerus, sedangkan memanfaatkan plastik belum maksimal. Akibatnya kelak berefek kepada makhluk hidup lainnya. 

Plastik sendiri sangat tidak di anjurkan untuk di gunakan sebagai pembungkus makanan, karena dapat emmepngaruhi kesehatan. Pengaruh tersebut tidak dalam jangka waktu pendek tetapi akan berefek dikemudian hari bertahun-tahun yang akan datang. 

Oleh karena itu sewajarnya jika kita menanamkan pola hidup sehat bebas plastik. Sebagai ibu rumah saya mulai membiasakan anak-anak untuk menggunakan botol minum dan wadah bekal dari rumah. Menghindari dari plastik dan styrofom tidaklah sulit jika memiliki niat yang kuat. 

Namun, kenyataanya penggunaan plastik tidak dapat dihindari dengan mudah. Menghidari saja pun tak cukup jika tidak mencari solusi pemanfaatan plastik-plastik tersebut dengan maksimal. Padahal ada banyak cara memanfaatkan plastik agar berdaya guna dan naik kelas menjadi karya bernilai tinggi. 
Membuat tas rajut dari plastik kresek bekas 

Plastik-plastik baik kresek, botol minum, atau plastik dalam bentuk lain dapat dimanfaatkan kembali. Misalkan kresek dapat di buat kerajinan tangan dengan di rajut menjadi tas yang cantik denga harga jual yang tinggi. Bisa juga di jadikan ecobrick yaitu pemanfaatan plastik bekas botol air mineral untuk menampung plastik seperti kantrong kresek bungkus snack, atau plastik lain yang dapat di gunting lalu di padatkan dalam botol air mineral. Ini disebut ecobick yang dapat di gunakan menjadi berbagai karya misalkan disusun menjadi kursi atau meja, dibentuk menjadi kreatifitas lainnya. 
Tas rajut dari plastik kresek menjadi kerajinan etnik icon khas Kota Metro
Kreatifitas memanfaatkan plastik ini dapat membuat lingkungan sehat, alam terjaga dari sampah, serta membuat tubuh serta ekonomi masyarakat menajdi lebih baik. Pemanfaatan plastik bisa menjadi penghasilan tambahan yang membuat kesejahteraan menjadi meningkat. Pada akhirnya sehat bukan hanya jasmani namun juga dompet dan alampun terjaga ekosistemnya. 

#ODOP_6
#NonFiksi 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel