Alasan Aku Menyekolahkan Anak Usia 7 Tahun

Hanifah saat berkunjung ke perpusda

Musim mendaftarkan anak sekolah, para orang tua seperti saya sudah mulai sibuk memilih dan memilah mau pilih sekolah mana buat anak.  Memilih sekolah anak bukan hal yang mudah, bukan hal sepele. Memilih sekolah anak ada tipsnya di sini.

Sebelum memilih sekolah untuk anak yang harus menjadi pertimbangan orang tua adalah, usia anak untuk masuk sekolah. Bagi saya sendiri pertimbangan usia menjadi sangat penting atau menjadi prioritas utama. 

Pengalaman pertama beberapa tahun lalu memasukan anak pertama saya Rahma, menjadi evaluasi ketika kini akan mendaftarakan adiknya. Dulu saya memasukan Rahma SD usia 7 tahun 4 bulan. Banyak kometar-komentar yang menyudutkan keputusan saya tersebut. menurut banyak orang disekitar saya usia Rahma masuk SD terlalu tua, ada yang bilang telat masuk sekolah, orangtuanya aneh anak sudah waktunya SD masih suruh TK terus dan bla bla bal deh yang bikin kuping panas. 

Sekarang Hanifah masuk SD usia 7 tahun 5 bulan, wow tambah lebih tua ya heheheh. Benarkah saya manusia aneh yang menyekolahkan anak terlalu tua. Siap-siap saja mendapat komentar yang bikin kuping merah merona. Senyumin aja lah ya, orang komentar karena enggak paham alasan saya. 

Buat Bunda yang penasaran dengan pilihan saya ini, akan saya kasih tahu alasannya. Minimal mengurangi manusia yang komentar unik dan nyinyir.

1. Usia 7 Tahun Siap Belajar
Pada anak-anak usia 7 tahun anak sudah lebih siap untuk menerima pelajaran yang materinya lebih berat. Anak sudah siap dengan pola belajar yang lebih serius bukan lagi belajar sambil bermain seperti di taman kanak-kanak.
hal ini tentu berkaitan dengan psikologis anak tentang kesiapan mereka beradaptasi dengan lingkungan baru dan pola belajar baru.


2. Usia 7 Tahun Bisa Konsentrasi
Anak usia 7 tahun memiliki konsentrasi yang lebih baik. Anak mulai focus menerima pelajaran. Anak tidak mudah terpancing memperhatikan hal-hal lain yang mengganggu konsentrasinya. Konsentrasi anak usia sekolah sekitar 30-45 menit.

Tidak mudah bosan menerima pelajaran atau pun diajak belajar. Kita bisa melihat anak-anak yang belum siap sekolah diajak belajar hanya bertahan beberapa menit saja selebihnya mulai bosan. Mengeluh lelah, tidak konsentrasi dan merasa sekolah itu tidak menyenangkan. karena pada usia kurang dari 7 tahun biasanya mereka masih menegmbangkan ketrampilan gerak, meskipun secara kemapuan intelektua mereka sudah mampu menegrjakan soal-soal.

3. Anak usia 7 Tahun Mandiri
Pada dasarnya anak-anak usia 7 tahun sudah bisa melakukan banyak hal secara mandiri. Seperti mandi sendiri, makan sendiri, mempersiapkan ala sekolah sendiri. Meskipun orang tua tetap membantu dan mengingatkan tetapi sudah bisa melakukan secara mandiri.


Ini sangat membantu saya sebagai ibu yang berkarier diranah publik. Tidak bisa selalu Membantu semua aktivitasnya. Saya dan anak-anak ketika usia 7 tahun sudah bisa berbagi tugas. Anak mandi sendiri dan bersiap sekolah secara mandiri saya hanya mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dan mengecek ulang saat akan berangkat.

4. Anak Usia 7 Tahun Memiliki Rasa Tanggung Jawab
Point penting anak masuk SD adalah memiliki rasa tanggung jawab yang berkaitan dengan sekolah. Saya bukan orang yang suka memaksa untuk belajar, paling hanya mengingatkan. Menurut saya sendiri anak yang belajaar karena terpaksa, karena takut diomeli orang tua tidak akan menghasilkan apa-apa.

Tetapi, ketika anak memiliki rasa tanggung jawab tanpa disuruh, tanpa omelan apalagi paksaan mereka akan belajar. Ketika ada tugas PR dari sekolah tanpa disuruhpun anak akan mengerjakan. Anak menyadari kebutuhan akan belajar bagi diri mereka sendiri.

Sebagai Ibu yang berkarier di ranah publik, menyekolahkan anak di usia 7 tahun sangat menguntungkan. Anak-anak pun merasa senang sekolah, mereka siap untuk menerima pelajaran. Menanamkan kepada anak sekolah itu menyenangkan bukan beban.

Tetapi semua itu kembali kepada orang tuanya sih. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat anak. Jika ada orang tua memilih usia 6 tahun anaknya sekolah SD pun tak masalah selama anak tersebut benar-benar siap.


31 Komentar untuk "Alasan Aku Menyekolahkan Anak Usia 7 Tahun"

  1. Mantap sekali bu, memang benar anak yang usianya diatas 5 tahun lebih mudah diberikan pengetahuan dalam mempelajari sesuatu. Segala materi bisa mudah diterima oleh anak selama anak tersebut memiliki minat terhadap ilmu yang diberikan, meskipun terkadang kita masih perlu mengajaknya bercanda saat menyampaikan materi belajar. Namun semua itu demi memberikan kepahaman kepada si anak.

    Di usia 7 tahun ini anak juga lebih aktif dalam bertanya, sehingga apa yang belum diketahui maupun yang belum dikenali anak, bisa segera ditanyakan kepada gurunya. dan juga lebih gampang mendapatkan teman bermain. Sehingga selain mendapatkan ilmu dari sekolah, sang anak juga mendapatkan teman bermain di sekolah.

    Supaya anak tidak gampang lupa terhadap ilmu yang diberikan pada saat dia bersekolah, kita sebagai orang tua bisa menanyakan kepada anak seperti ini :
    "Kakak tadi belajar apa hari ini?", otomatis sang anak akan mengingat kembali pelajaran apa yang telah dia pelajari saat bersekolah, spontan dia akan menjawab "Belajar ini bu...".. :D

    Plus berikan juga pesan kepada anak untuk berhati-hati dalam bermain, serta ajarkan anak untuk berlindung diri (menjaga diri) terhadap orang asing yang tidak dikenal.

    Sukses terus untuk blog Catatan Sang Ummi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super sekali mas. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yg super banget. Sering mampir ya

      Hapus
  2. Bund, tapi sebelumnya anaknya masuk paud Dan TK gak?
    Soalnya saya dan istri ada rencana tidak akan memasukan anak ke paud seperti kebanyakan orangtua jaman now...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya paud 2 tahun TK 2 tahun mas. Saran saya tetap paud dan TK, karena di paud anak belajar berinteraksi dengan teman belajar berkomunikasi. Di TK anak belajar setingkat di atas paud mengenal angka dan huruf di rangsang motorik kasar dan halus agar lebih maksimal. Berbeda sekali Anak yg dari paud ke TK biasanya lebih berani dan mandiri. Dari TK ke SD anak lebih mudah bergaul dan siap belajar.

      Hapus
  3. seandainya semua ibu di indonesia memiliki pemikiran yang sama dengan bunda, pasti tugas guru2 disekolah akan lebih ringan saat mengajar apalagi anak yg masih kelas 1 sd.

    kebetulan saya belum masih punya anak, dan apabila saya nanti punya anak saya akan mencoba mengimplementasikan tips dari bunda ini.

    terimakasih informasinya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas sudah berkunjung dan semoga manfaat ya.

      Hapus
  4. Benar sekali Bun, saya juga kepengen kelak nanti anak saya disekolahkan seumuran 6-7 THN, karena di umur umur begitu anak sudah mengerti tentang rasa tanggung jawab, rasa mandiri dan rasa meluangkan waktunya untuk belajar, bukan hanya untuk main-main saja. Anak umur segitu sudah pasti bisa mengontrol waktunya untuk sesekali belajar dan membuka buku walaupun hanya untuk melihat-lihat saja. Didamping itu sebagai orang tua harus selalu mendukung dan mensupport kegiatan anaknya hingga dewasa nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tetap harus di dampingi tapi tidak dipaksa cukup diberi pengertian pentingnya belajar dan manfaat belajar.

      Hapus
  5. Benar sekali bu.
    Saya perhatikan rata-rata anak yang masuk sd ketika berumur 7 tahun bisa aktif dalam menerima pembelajaraan

    BalasHapus
  6. Bagi saya, Mendidik anak itu mutlak keputusan ada di tangan orang tuanya. Kalau sy sendiri menyekolahkan anak saat usianya 2,5 (PAUD). Alasan sy wktu itu adalah agar anak memiliki kepercayaan diri dengan bergaul / berbaur dengan banyak anak lainnya. Meskipun konsekuensinya adalah biaya yang membengkak karena anak sy harus tinggal ketika teman2nya yang lain naik kelas. Karena sy tidak ingin, anak nantinya menerima pelajaran yang gak sesuai umurnya.

    Apapun keputusan orang tua, tentu untuk masa depan anaknya kelak. Setiap orang tua pun memiliki cara dan pandangan yang berbeda dalam mendidik anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku yg besar paud 3 tahun TK2 tahun baru SD
      Yg kecil paud 2 th TK 2 tahun baru ke SD.

      Karena paud itu penting buat belajar sosialisasi, empati, simpati dan komunikasi. Sedang TK lebih meningkat belajar tentang pra sekolah SD mulai mengenal angka huruf dan ilmu lainnya. Meskipun semua sambil bermain. Tapi lebih kepada pengembangan motorik kasar dan halus.

      Memang kalau masalah biaya pasti besar. Tapi setiap anak sudah memiliki rizkinya masing-masing kok jadi yakin saja dengan Alloh dibarengi usaha .

      Hapus
  7. Artikel yang bermanfaat, benar di usia akan ke umur 7 tahun sangat harus diawasi hati hati, karena kalau dibebaskan bakal bersifat fatal, makanya para orang tua juga harus memilih sekolah yang baik yang bisa menjadi baik kepada anak usia 7 tahun, dan kalau bisa anak itu diajarkan agama yang baik agar tidak jalan yg buruk. Dan agar anak 7 tahun itu bisa mengembangkan bakat di sekolah yg ditampilkan. Keputusan orang tua tentu masa depan anaknya yang ingin lebih baik, sukses dunia dan akhirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas anak itu kunci surga nya orang tua.

      Hapus
  8. Kisah ini mengingatkan ke saya waktu kecil dulu masuk sekolah SD di Usia 7 tahun lebih 5 bulan malahan. Memang betul bun, diusia segitu saya lebih mudah menangkap materi pelajaran dan lebih patuh aturan terutama kalau diberi tugas sekolah (PR) pasti pulang sekolah langsung diselesaikan dulu baru pergi main sama teman sebaya. Selain itu, kelebihannya juga ada sebagai anak paling tua di kelas, guru selalu memberikan perhatian lebih dan kepercayaan yang lebih diantaranya menjadi Ketua Murid (istilahnya KM waktu itu) kamudian menjadi ketua regu pramuka dan kegiatan extra lainnya.

    Jadi dengan umur setua saya waktu itu, smangat belajar saya selalu membara setiap hari-hari saya di sekolah karena selain akrab dengan guru-guru juga saya bisa belajar survival di tengah-tengah suasana sekolah pertama saya waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mas ini tipikal anakku yg besar. Kalau anakku yg kecil usia 7 tahun 5 bulan masih ogoan kayak anak kecil hehehe

      Anak-anak zaman sekarang apalagi banyak yang dewasa sebelum waktunya.

      Hapus
  9. Betul bu, semua tergantung orang tuanya mau menyekolahkan anaknya mulai usia berapa. Dan menurut saya karakter anak berbeda-beda ada yang mudah belajar ada ada yang lamban. Semua orangtua ingin yang terbaik untuk anaknya.
    Seperti saya waktu masih kecil pertama masuk sekolah dasar di usia 6 tahun, karena waktu itu saya sudah besar seperti anak anak yang berusia 7-8 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar fisiknya tapi mentalnya tetap ya umur enam tahun mas. Jangan melihat anak dari fisik saja tetapi lebih kepada kesiapan bio psiko anak juga jadi pertimbangan utama.

      Hapus
  10. emang benar sih ummuarrahma.com anak umur 7th lebih siap untuk belajar selain itu juga mentalnya juga lebih kuat di banding dengan usia di bawah 7 th. oleh karena itu di kota-kota besar seperti di jakarta anak masuk SD salah satu persyaratan yaitu umur 7th. mungkin umu 7th masuk sd agar guru-gurunya tidak kerepotan atau terbebani saat di ajarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan untuk keownkepent gurunya mas tetapi demi anak-anak. Agar anak nyaman belajar, siap secara psikis dan bisa menjadi pribadi yang baik.

      Kalau guru ya sudah jadi tanggung jawabnya mendidik anak-anak. Mau mudah atau susah tetap menjadi kewajiban guru.

      Hapus
  11. Umur 7 tahun merupakan umur yang sangat bagus untuk mendapatkan berbagai macam pendidikan, karena dimasa tersebut anak-anak sudah mempunyai otak yang siap menerima dibandingkan umur kurang dari 7 tahun.

    Tetapi sebelum menyeolahkan anak saat 7 tahun, sebagai orangtua harus mampu memahami anaknya. Jangan karena orangtua memaksa anak sekolah, akhirnya mau sekolah. Karena bisa jadi anak tersebut bersekolah dengan perasaan tertekan dan pastinya sangat tidak baik bagi mental anak tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah usia tujuh tahun ya sudah memiliki kesadaran sekolah to mas. Bahkan anak-anak Sekarang masih kecil sudah minta sekolah melihat temannya sekolah .hanya ya anak kecil masih di paud atau tk. Yang di bahas di sini sekolah SD mas.

      Saya yakin kalau anak umur 7 tahun sudah ingin sekolah. Kalau belum ingin sekolah perlu dibawa ke psikolog deh. Minat belajar nya bermasalah bisa karena kecanduan game atau gadget.

      Hapus
  12. bener benget bu, saya juga dulu usia 7 tahun

    BalasHapus
  13. Infonya sangat bermanfaat bunda, kalau boleh tahu apakah ada perbedaan antara anak yang masuk paud/TK terlebih dahulu dibandingkan dengan yang langsung masuk ke SD bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada mas namanya anak yg sudah memiliki pengalaman dengan yang belum. Kalau sudah sekolah paud biasanya lebih cepat adaptasi enggak perlu di tunggu di sekolah oleh orangtuanya. Lebih berani berekspresi lebih mandiri.

      Kalau yg enggak paud biasanya cenderung malu, takut, dan masih sering menangis jika di tinggal ibunya.

      Hapus
  14. Artikel yang sangat bermanfaat. Benar sih anak umur 7 tahun lebih siap untuk menerima pembelajaran disekolah. Tetapi itu semua tergantung dari masing-masing orang tua. Pasti semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya agar sukses dunia akhirat.

    BalasHapus
  15. Semua akan indah pada waktunya. Itu juga yang akan terjadi pada anak yang masuk sekolah sesuai dengan usianya. Tidak bisa dipungkiri tumbuh kembang anak akan pengaruhi kesiapannya memasuki dunia pendidikan. Super Mbak...

    BalasHapus
  16. Sepakat banget mba. Aku juga termasuk yang memiliki pemahaman demikian. Tapi anakku kan lahir bulan sept, sepertinya dia akan sd di usia 6 tahun 10 bulan.

    BalasHapus
  17. Mbak anak pertamaku seharusnya masuk TK(Kindergarten) saat kami pindahan ke Amerika. Tapi ternyata di sana usia masuk TK itu adalah 5 tahun. Jadi deh anakku waktu itu belum bisa masuk karena masih 4 tahun 9 bulan.Jadi baru tahun depannya dia TK.

    Maka saat kami balik ke sini usia dia 6 tahun 9 bulan dan masuk SD kelas 1. Di kelas termasuk yang paling tua. Karena di SD swasta di Jakarta rata-rata anak masuk SD umur 6 tahun.

    Tapi ternyata, anakku lebih matang dan siap untuk sekolah "beneran" di usia sekian.

    BalasHapus
  18. Betul mba, saya juga sepakat. Kerasa banget kk belum mature saat masuk SD pada usia kurang dari 7 tahun

    BalasHapus
  19. Infonya cukup menarik, bisa diaplikasikan buat anak saya nanti kalau sudah nikah hehehe .. Thanks

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel