Kerja Jalan Keluarga Aman




foto dok Enny Meilani




Membicarakan kiprah Ibu memang seru, apalagi kalau melihat yang selalu happy dan aktif.  Ibu zaman now, selalu aktif berkontribusi bukan hanya dala rumah begitulah kiranya. Kerja jalan lancar dan keluarga aman nyaman itu harapan semua Ibu pekerja. 

Nah, kali ini saya akan menuliskan hasil ngobras atau ngobrol asik dengan Ibu pekerja yang juga aktif dalam organisasi. Namanya Eni Meilani Yudita merupakan Ibu dari dua orang putra. Beliau adalah Perawat RSI Metro yang  mendapat amanah menjadi IPCN ( Infection Prevention Control Nurse). Selain bekerja juga aktif dalam berorganisasi di PPNI dan HIPPII.
Penulis kepo banget nih dengan Ibu Eni yang aktif bekerja dengan amanah yang luar biasa banyak tetapi selalu semangat. 

Pertanyaan pertama penulis adalah apa motivasi Ibu Eni bekerja?
Menurut Bu Eni, bekerja bukan hanya masalah materi tetapi ada banyak hal yang lebih berharga dari sekedar materi. Bekerja membuat beliau mendapatkan banyak teman, dan mampu memanfaatkan ilmu yang di dapat saat kuliah dulu. Bekerja menambah wawasan bukan sekedar mempratekan ilmu saat kuliah. 

Seberapa penting seorang Ibu bekerja di ranah publik?

Bekerja di ranah publik sangat penting karena dapat memberikan banyak mafaat bagi orang lain. Bekerja di ranah publik membuat seorang Ibu beriteraksi dengan banyak orang sehingga dapat lebih mudah beradaptasi dalam situasi apapun. Belajar menghargai orang lain dan terbiasa bergaul dengan siapa saja. 
 
Bersama teman kerja


Ibu Eni bekerja dan dirumah tidak ada Asisten Rumah Tangga, apakah tidak mendapat protes ketika keteteran dengan pekerjaan di rumah?

Keputusan menjadi Ibu pekerja merupakan hasil musyawarah dengan suami sebagai kepala keluarga. Setiap keputusan yang diambil pasti ada konsekwensinya. Jadi pekerjaan rumah tangga tentu menjadi tanggung jawab bersama, kerjasama antar anggota keluarga adalah kunci utama. Setiap anggota keluarga harus menyadari tugas masing-masing sesuai dengan kemapuannya. 

Ibu Eni selain Bekerja juga aktif berorganisasi dan kedua organisasi berkaitan dengan profesi Ibu, tentu kegiatan organisasi menyita banyak waktu. Lalu Bagaimana Ibu membagi waktu?

Organisasi profesi itu penting sebagai loyalitas  sebagai perawat dan juga IPCN jadi wajar kalau di kedua organisasi tersebutharus berkontribusi. Bekerja dan berorganisasi adalah dua hal yang berbeda dan memiliki porsi yang berbeda. Kegiatan organisasi tidak seperti bekerja yang setiap hari menjadi rutinitas. Kegiatan organisasi biasanya di waktu tertentu dan terjadwal. Oleh karena itu jadwal dengan keluarga biasanya di weekand bisa sabtu atau minggu. Tetapi jika jadwal kegiatan berbenturan maka diatur meskipun hanya beberapa jam harus ada waktu bersama keluarga. 


Nah, seru ya ternyata menjadi Ibu pekerja itu yang utama adalah bagaimana mengatur waktu sehingga pekerjaan jalan keluarga aman dan Ibu bahagia. Hasil ngobras dengan Ibu cantik nan energik enggak terlalu lama karena beliau memiliki banyak kesibukan. semoga yang sedikit ini dapat menginspirasi menjadi Ibu pekerja yang solutif.

8 Komentar untuk "Kerja Jalan Keluarga Aman "

  1. Wah...blog baru. Salut deh sama para ibu pekerja tanpa ART dan aktif di berbagai organisasi. Saya mah g kerja dan g aktif organisasi aja suka cranky klo kecapean 🤦🏻‍♀️

    BalasHapus
  2. Mungkin karena sudah biasa mbak jadi lebih mudah memberikan pemahaman kepada anak ya. Dan kerja bisa secepat kilat hehheehhe

    BalasHapus
  3. Keren. Selalu salut sama ibu-ibu yang bisa kerja sambil ttp jadi parent

    BalasHapus
  4. Harus ada komitment yang kuat untuk menjadi perempuan bekerja

    BalasHapus
  5. Iya Bu harus ada skala prioritas juga

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel