Publikasi My Book


    Merancang konsep buku solo itu ibarat merancang masa depan, jadi memang harus hati-hati membuat rencana. Buku dengan Judul Working Mom Stories memiliki beberapa kandidat judul lain yang nantinya akan saya diskusikan dengan editor dan penerbit yang membantu lahirnya buku ini. 


    Buku yang berisi tentang suka dukanya seorang Ibu pekerja ini akan mengupas tuntas tentang ibu pekerja. Berbagai alasan tentang keputusan seorang ibu untuk berkarier, hal-hal yang menjadi pertimbangan ketika memilih berkarier, dan kisah-kisah tentang perjalanan ibu pekerja. Akan banyak kisah inspiratif, suka duka dan situasi dilematis yang dihadapi ibu pekerja.

    Menggandeng Penerbit
    Salah satu hal yang mesti menjadi pertimbangan adalah penerbit buku. Karena salah satu pihak yang akan membantu lahirnya buku ini secara nyata adalah penerbit. Penerbit mayor atau indie yang menjadi pilihan. Kalau ditanya mau terbit mayor atau indie inginnnya sih mayor. Tetapi proses di penerbit mayor bukan hal yang mudah, butuh proses yang panjang dan waktu yang lama. Selain itu belum tentu juga bisa lolos terbit. 

    Penerbit Indie pilihan saya adalah Nurul Amanah Publishing milik seorang teman. Alasan saya memilih Nurul Amanah Publishing karena mempunyai visi dan misi “membantu emak, Guru, dan penulis mewujudkan mimpi membukukan ide dan karya cemerlangnya tanpa harus menguras kantong terlalu dalam.” 

    Beberapa teman sudah berhasil mewujudkan mimpi mempunyai buku solo bergandengan dengan Nurul Amanah Publishing. Berdasarkan dari pengalaman teman-teman yang mengatakan biaya cetak juga tidak mahal maka saya memilih Nurul Amanah Publising sebagai patner mewujudkan buku ini. 

    Pemasaran
    Buku ini adalah sebuah project perdana mewujudkan mimpi jadi orientasi saya sebagai penulis bukan money oriented jadi orientasi saya masih kepada menebar manfaat. Target penjualan bukan menjadi sasaran utama. Meskipun demikian saya tetap memasarkan buku ini secara online melalui media sosial, dan akan memasang halaman toko buku online di blog pribadi saya. 

    Pemasaran offline tidak saya lakukan karena, berdasar pengalaman pribadi penjualan buku secara offline itu lambat. Sirkulasi barang lama bahkan berhenti. Sehingga saya tidak memilih pemasaran offline melihat lingkungan saya bukan orang-orang yang suka membaca apalagi beli buku. 

    Promo Buku
    Sebagai langkah awal promosi buku ini adalah membuka waktu untuk Pre Order selama beberapa hari sebelum buku terbit. Selama masa PO akan ada harga khusus berbeda dengan harga setelah lewat masa PO.

    Segmen Pembaca
    Sesuai dengan judul buku Working Mom Stories tentu pembaca buku ini adalah para ibu pekerja, wanita singgel yang berkarier menjelang masa menikah, calon Ibu yang aktif berkarier, atau bapak-bapak yang memiliki istri Ibu pekerja. 

    #NonFiksi
    #ODOPBatch6

    2 Komentar untuk "Publikasi My Book"

    mohon komentar dengan bijak

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel