Tips Makan Buah-Buahan




Pixabay.com

Musim buah-buahan, banyak buah harga murah dijajakan di pinggir jalan. Setiap pulang kerja selalu mampir beli buah untuk stok di rumah. Cemilan yang di meja  biasanya aneka keripik, cake atau roti berganti menjadi buah-buahan. Tiada hari tanpa makan buah, mumpung lagi murah. 

Manfaat buah untuk kesehatan lebih banyak ketimbang cemilan yang rata-rata berminyak, mengandung banyak garam. Jika memilih cake atau roti kandungan gula yang tinggi juga kurang baik untuk anak. Tapi, namanya anak-anak pasti pilihannya ya cemilan gurih atau cake yang manis dari pada buah yang kaya akan nutrisi alami. 

Ternyata ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam mengkonsumsi buah-buahan. Bukan asal makan buah kapan saja dan buah apa saja baik buat kesehatan lo. Kalau tujuan makan buah untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal harus tahu hal-hal ini. 

1. Makan Buah di Pagi Hari
Makan buah sebaiknya dilakukan pagi hari saat perut kosong. Tubuh mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan saat perut kosong.

Namun, untuk buah yang mengandung asam asetat seperti jeruk, nanas, strowbery, anggur dan buah lainnya yang berasa asam sebaiknya jangan dikonsumsi saat perut kosong. Karena dapat meningkatkan asam lambung, bukan sehat malah berakibat sakit.
Pixel photo

Hal tersebut juga berlaku bagi yang memiliki sakit magh atau gastritis, anak kecil dan manula yang fungsi lambungnya lemah. Sebaiknya mengkonsumsi buah setelah makan.

2. Makan Buah diantara Waktu Makan
Makan buah jika tidak bisa di lakukan pagi hari saat perut kosong karena jenis buah yang tersedia mengandung asam asetat, atau karena penyakit magh dan sebab lain tetap boleh makan buah setelah makan.

Sebaiknya, makan buah jangan terlalu dekat dengan jam makan. Diberi jeda beberapa menit. Akan lebih baik lagi jika makan buah justru diantara jam makan. misalkan, setelah makan pagi sebelum makan siang. Jika makan pagi jam 7 pagi dan makan siang jam 12 siang, maka makan buah bisa dilakukan jam 09.30.

3. Makan Buah Bersamaan dengan Makan Nasi
Pixabay.com

Makan buah bersamaan waktunya dengan makan nasi sangat tidak di rekomendasikan. Karena makanan yang dimakan sudah cukup banyak mengandung kalori jika bersama-sama dengan buah makan kalori yang dikonsumsi akan berlebih. Selain kalori juga kandungan gula dalam buah cukup tinggi ini sangat tidak baik terutama bagi penderita diabetes.

Oleh karena itu makan buah bersamaan dengan makan nasi kalau bisa di hindari. Karena dapat mengganggu metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar kalori dan gula daram.

4. Jenis Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi
Buah-buahan semua baik untuk dikonsumsi, namun ada beberapa yang perlu diperhatikan sesuai kebutuhan. Misalkan pada penderita diabetes tidak semua buah baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena buah sangat mudah meningkatkan kadar gula darah.

Penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi buah yang mengandung tinggi serat dan rendah gula. Buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes adalah pepaya, markisa, nanas, plum, rasberry, pir, stawberry, persik, dan apel.
pixabay.photo

Pada orang yang diet menghindari makan malam, biasanya buah menjadi pilihan pengganti makan malam. Hal ini menjadi pilihan agar bisa tidur nyenyak meskipun tidak makan nasi di malam hari.

Buah yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi mala hari adalah buah apel, pisang, kiwi serta cerry. Kandungan serotin, melatonin, dan tryptohan alami memberi efek menenangkan sehingga membuat tidur menjadi nyenyak.

Buah yang harus di hindari adalah buah mangga dan anggur. Kedua buah ini jika dikonsumsi malam hari membuat otak terus aktif sehingga mengganggu tidur.

Bunda, ternyata banyak hal-hal simpel yang mungkin terlewatkan ya. Makan buah pun tidak asal makan agar berefek terhadap kesehatan tubuh. Selamat mengkonsumsi buah yang benar ya...


8 Komentar untuk "Tips Makan Buah-Buahan "

  1. Terimakasih sharingnya mbak. Saya suka buah juga tapi kelihatannya kurang tepat waktu makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ibu, ini terinspirasi lihat banyak pedagang buah dipinggir jalan dengan harga murah banget.

      Hapus
  2. Artikel yang bermanfaat, setelah baca ini saya menjadi tahu ,ternyata makan buah buahan sambil makan nasi tidak boleh sebab mengandung kalori berlebih, saya suka makan buah buah an tetapi kenapa saya kalau ingin makan nya susah kaya yang tidak mau, tetapi saya suka, sarannya bu? Hehe, soalnya kalau beli di pinggir jalan takut ada apa apa nya

    BalasHapus
  3. Artikel keren bu. Setiap hari sebelum berangkat kuliah, saya selalu mengusahakan untuk makan pisang hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat jangan lupa pilih buah dan waktu yg tepat ya.

      Hapus
  4. Udah sih makan buah campur yogurt untuk sarapan. Baru tahu, kalau buah jangan dimakan bersama nasi. Saya suka anggap sebagai sayur. Eh...salah ternyata...

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel