Launching Buku Belajar Menembus Batas Oleh Pelajar Kota Metro


Tanggal 27 Januari 2019 saya mewakili Komunitas Tapis Blogger menghadiri launching buku yang berjudul “Belajar Menembus Batas”. Saya bersama dengan Mbak  Betty Pemana sangat semangat menghadiri momen penting ini. kegiatan yang di adakan Oleh SMK Muhammadiyah 1 Metro ini sangat menarik.  

Buku Belajar Menembus Batas adalah buku yang ditulis oleh kumpulan pelajar perwakilan dari beberapa SLTA di Kota Metro. Bermula dari mengikuti Workshop menulis pada tanggal 4 Januari 2019 yang di adakan oleh Eksis atau Ekstrakulikuler Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Metro. Dalam workshop tersebut semua peserta diwajibkan untuk menulis sebuah cerpen dalam waktu 3 Jam. Hasil dari tulisan tersebut dikumpulkan kepada panitia dan kemudian melalui proses editor jadilah buku antologi pelajar yang berjudul “Belajar Menembus Batas”.

Isi buku ini adalah kumpulan cerpen dengan berbagai tema dan kisah. Awalnya saya mengira buku ini berisikan tema tentang belajar karena judulnya “Belajar Menembus Batas”. Ternyata judul tersebut memilki makna tersendiri. Arti dari Balajar Menembus Batas sendiri adalah kemampuan para penulis pemula dalam membuat tulisan dalam waktu 3 jam. Hal ini membuktikan bagaimana para penulis dapat belajar menembus batas kemampuan dengan deadline yang di tentukan oleh panitia. 

Acara Launching buku ini diadakan oleh Eksis sebagai panitia kegiatan. Karena memang kegiatan ini pada awalnya diprakasai oleh Eksis yang bermula dari workshop menulis. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya acara dimulai dengan pembukaaan oleh pembawa acara yang dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Eksis yaitu Mei Linda siswi SMK Muhammadiyah 1 Metro. Sebagai ketua Eksis Mei Linda sukses membawa Eksis kepuncak kejayaan dengan mengoalkan terbitnya buku “Belajar Menembus Batas”. 

Sambutan selanjutnya oleh Pembina Eksis yang juga merupakan Narasumber pada saat Workshop Menulis pada tanggal 4 Januari 2019. Beliau adalah Muklis Saputra, S.E.Sy yang juga merupakan salah satu guru yang mengajar di SMK Muhamadiyah 1 Metro. Muklis mangungkapkan rasa bangga kepada para peserta workshop yang ternyata dengan waktu 3 jam mereka mampu menulis dengan sangat baik. Muklis memberikan motivasi dengan terbitnya buku “Belajar Menembus Batas” sebagai awal berkarya, diharapakan para penulis akan terus belajar dan berkarya. Sehingga menebarkan banyak manfaat dari menulis. 

Acara dilanjutkan dengan talkshow dengan penulis dan juga pihak penertbit yang hadir dalam acara ini. Pembawa acara talkshow yang imut, ramah dan ceria mampu menghidupkan suasana talkshow siang yang lumayan panas. Para penulis dengan bangga menceritakan pengalaman menulis pertama kalinya yang sukses terbit ini. Bahkan para penulis menceritkan inspirasi dari cerita yang tertuang dalam tulisan tersebut.

Dari apa yang disampaikan oleh para penulis saya terbayang buku ini tentunya berisi kisah para remaja. Kalau istilah kerennya teenlit gitu, yang tentu penuh warna-warna yang ceria layaknya para remaja. Meskipun ceritanya tentang remaja tetap ada nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Hikmah yang tentu sangat menarik buat para remaja karena kisahnya tentang konflik yang biasa dialami oleh remaja. Seru deh, jadi penasaran sama bukunya. 

Setelah selesai berbincang-bincang dengan penulis, lanjut kepoin penerbitnya. Buku “Belajar Menembus Batas” diterbitkan oleh tinta pena yang merupakan penerbit buku indie. Tinta pena sendiri adalah merupakan kerja sama anatara M1T Tekno Park dengan SMK Muhammadiyah 1 Metro yang beralamat di JL Tawes 21 Polos Yosodadi Metro Timur. Keren banget ya dari proses penerbitan buyku ini benar-benar melibatkan kreativitas dari siswa SMK Muhamadiyah 1 Metro.  Pelayanan yang diberikan oleh tinta pena juga sangat lengkap dan profesional. Dimulai dari desain cover, editing, serta proses ISBN. Biaya terbit pun tidak mahal cocok banget untuk para penulis pemula. 

Setelah acara talkshow dengan penulis dan penerbit acarapun dilanjut dengan sesi foto-foto. Bagi para tamu dipersilahkan yang ingin memebli buku “Belajar Menembus Batas” dengan harga promo. Keuntungan dari penjualan buku akan disumbangkan untuk pembangunan masjid Muhajirin yang letaknya berdampingan dengan SMK Muhammadiyah 1 Metro. MasyaAlloh luar biasa ya anak-anak muda ini keren abis dah. 

Saya sendiri sebagai blogger yang aktif menulis buku antologi cukup bangga melihat semangat anak-anak muda ini. mereka belajar bersama, menghasilkan karya bersama meskipun berasal dari sekolah yang berbeda. saling support  melalui hobbi menulis sehingga menghasilkan karya yang penuh manfaat. Semoga karya ini adalah langkah awal dan berlanjut dengan karya-karya lain. menjadi sebuah motivasi untuk terus berkarya, serta menjadi inspirasi bagi pelajar yang lain untuk turut serta berkarya.  

Nah buat kamu yang ingin punya buku ini boleh banget Lo. Harganya cukup murah buat para pelajar. Cukup dengan 25 ribu rupiah sudah dapat buku dan beramal untuk pembangunan masjid. Yuk jangan sampai ke tinggalan ya....


20 Komentar untuk "Launching Buku Belajar Menembus Batas Oleh Pelajar Kota Metro"

  1. wah kayaknya seru banget tu karya para literaat muda bangsa kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pak Dhe.terimakasih sudah mampir😊

      Hapus
  2. semangat belajar adek adek patut di acungin jempol, dimana pada masa seperti ini untuk remaja seusia adek mei pastinya tersibukkan oleh dunia gadget. tapi bener bener di apresiasi nih dengan kesibukannya dalam hal yang positif seperti menulis. apalagi udah bisa menggoalkan tulisannya untuk terbit menjadi sebuah buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebenarnya anak muda membutuhkan pancingan dan sarana untuk mengekspresikan pasion mereka. Kalau banyak wadah kreativitas pasti akan muncul bakat-bakat terpendam.

      Hapus
  3. keren ya. remaja di SMK Muhammadiyah metro dan SLTA setempat yang membuat antologi cerpen ini. pastinya membuat orangtuanya bangga deh. berawal dari tulisan antologi nanti akan bisa menulis buku tunggal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, semoga ini menjadi pembuka jalan untuk terbit karya-karya selanjutnya aamiin.
      Trims sudah mampir

      Hapus
    2. Betul sekali, semoga ini menjadi pembuka jalan untuk terbit karya-karya selanjutnya aamiin.
      Trims sudah mampir

      Hapus
  4. Wah keren banget. Dulu aku seusia mereka masih galau dan belum kepikiran apa hal yang aku sukai. Mulai suka baca pun baru ketika duduk di bangku kuliah, sebab bosan nenteng nenteng kalkulus hehehe.
    Emang kalo karya yg sudah dicetak dalam bentuk buku itu rasanya puas puas bangga gimana gitu.

    BalasHapus
  5. masih muda-muda sudah bergiat di letarasi, mantab.. semoga bisa menumbuhkan dan menelurkan karya-karya yang lain dan tentunya selalu jaga kualitas menulis

    BalasHapus
  6. Bangga banget dengan anak.muda yang punya kegiatan positif apalagi terkait literasi. Semoga makin banyak yang terinspirasi untuk menulis ya..

    BalasHapus
  7. Anak² muda potensinya luar biasa yah. Tinggal kita yg harus mendampingi yah supaya makin terasah...

    BalasHapus
  8. Karnyanya bikin penasaran, Mbak. Keren pastinya! Baru belajar nulis sudah langsung praktik aja dengan waktu DL yang singkat.

    BalasHapus
  9. Generasi muda yang cinta literasi itu keren! Suka deh

    BalasHapus
  10. Wah hebat yah anak2 remaja jaman sekarang makin kreatif. Alhamdulillah juga hasil penjualannya disumbangkan untuk pembangunan masjid juga masyaAllah

    BalasHapus
  11. Mba Ummu Arrahma berbagi Tips Donk ...bagaimana tips suskses louncing buku?

    BalasHapus
  12. Masya Allah, tabarakallah. Keren nih.
    Sejak usia remaja sudah aktif di ekskul jurnalistik lalu menghasilkan buku antologi. Cerpennya dibikin dalam waktu 3 jam pula. Wah, saya pernah sampai berhari-hari tuh bikin cerpen, hehe.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah kegiatan ini mewadahi generasi muda yang tertarik dan punya passion di dunia literasi. Keren sekali. Semoga langkah awal ini akan dilanjutkan dengan karya-karya lainnya. Juga jadi menjadi inspirasi bagi pelajar yang lain untuk berkarya.

    BalasHapus
  14. Wah keren nih mb ada ekskul jurnalistik. Jd anak skul bisa bljr nulis dan jd tempat yg positif untuk berpndapt dan berbagi.

    BalasHapus
  15. Anak muda yang kreatif dan produktif, keren yaaa. Karya mereka perlu diapresiasi ya Mbak.

    Di zaman modern gini, masih ada adek-adek remaja yang suka baca dan menukis itu, MasyaaAllah :)

    BalasHapus

mohon komentar dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel